Previous slide
Next slide

DEMI TINGKATKAN PELAPORAN DATA PDDIKTI, LLDIKTI WILAYAH VI SELENGGARAKAN WORKSHOP PELAPORAN PDDIKTI BAGI OPERATOR BARU PTS TAHUN 2023

LLDIKTI Wilayah VI menggelar Workshop Pelaporan PDDIKTI Bagi Operator Baru PTS Tahun 2023 yang berlangsung pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2023 di Kampus Akademi Akuntansi Bima Sakapenta dengan dihadiri oleh pimpinan bidang akademik dan operator baru PDDIKTI baik yang hadir secara luring maupun secara daring. 

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko menyampaikan dalam sambutannya bahwa betapa kompleksnya data yang ada di PDDIKTI dan betapa pentingnya data PDDIKTI tersebut karena menjadi salah satu cara untuk dijadikan dasar dalam pemetaan, pengambilan kebijakan dan pengawasan dari LLDIKTI ataupun dari pusat. “Banyak sistem yang sudah menggunakan data PDDIKTI, seperti beasiswa KIP, hibah penelitian, sistem LLDIKTI, pendaftaran kerja alumni (CPNS, P3K). Sehingga perguruan tinggi wajib melaporkan data ke PDDIKTI secara valid dan tepat waktu.” tambahnya. 

Sugiyamta selaku narasumber menjelaskan bahwa terdapat tiga sistem penting yaitu PDDIKTI-Admin, Neo Feeder dan Front Page PDDIKTI. Neo Feeder sendiri merupakan aplikasi untuk sinkronisasi dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

Lebih lanjut Ghufron menjelaskan bahwa apabila PT tidak melaporkan data akan berdampak pada akreditasi tidak diakui, mahasiswa tidak dapat mengikuti lomba, dosen tidak dapat melaporkan BKD bahkan ijazah mahasiswa tidak dapat diakui. 

Acara ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi operator PDDIKTI baru PTS agar paham tentang pentingnya pelaporan PDDIKTI serta keterkaitan data PDDIKTI dengan sistem lainnya. Selain itu juga dapat memberikan pelatihan kepada operator baru tentang tata cara pengisian data di PDDIKTI Admin dan Neo Feeder.

Acara seperti ini merupakan wujud fasilitasi LLDIKTI Wilayah VI dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram