Previous slide
Next slide

Semarak Mahasiswa Raya 2023, Prodi Sejarah UMP Lestarikan Seni dan Budaya Banyumasan Melalui Karawitan

Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses gelar Semarak Mahasiswa Raya (SEMAR) Festival Karawitan Tahun 2023 yang bertajuk “Menjaga dan Melestarikan Seni dan Budaya Banyumasan melalui Semarak Mahasiswa Raya” bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah pada, Sabtu (14/10/2023).

Ketua Panitia Pelaksana Lina Setiawati menyampaikan Festival SEMAR 2023 ini merupakan bentuk dedikasi Prodi Pendidikan Sejarah untuk memperkenalkan dan terus melestarikan seni karawitan sebagai kesenian lokal di kalangan Siswa/i SMA&SMK Sederajat Se-Barlingmascakeb.

“Festival SEMAR 2023 ini merupakan program kerja tahunan kami yang bertujuan untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kesenian lokal. Dalam hal ini, kami memperlombakan seni karawitan yang diikuti oleh Siswa/i SMA&SMK Se-Barlingmascakeb,” kata mahasiswa angkatan 21 itu.

Lebih lanjut, disampaikan Festival SEMAR 2023 yang sedikitnya diikuti oleh 6 peserta dari sekolah di Barlingmascakeb dimana masing-masing sekolah akan menampilkan kebolehannya bermain musik karawitan di hadapan para juri.

“Festival SEMAR 2023 sedikitnya diikuti oleh 6 peserta dari sekolah yang ada di Barlingmascakeb. Para peserta akan menampilkan kebolehannya dalam bermain seni karawitan dihadapan para juri yang berkompeten,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Kaprodi Pendidikan Sejarah Sumiyatun Septianingsih, M.Pd menyampaikan rasa bangga kepada para panitia dan juga peserta yang hadir serta harapannya terkait Festival SEMAR 2023.

“Rasa haru, bangga dan terima kasih kepada panitia dan peserta yang sudah memeriahkan Festival SEMAR 2023. Harapannya, Festival ini akan terus menjadi kegiatan rutinan kami yang berfokus pada kesenian dan kebudayaan serta ajang memotivasi para pelajar untuk terus berkesenian,” pungkasnya (qbi/tgr)

(Sumber : Biro Humas dan Promosi_Universitas Muhammadiyah Purwokerto)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram