Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Dorong Peningkatan Kualitas Mutu Politeknik Bumi Akpelni

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dalam Upacara Wisuda Politeknik Bumi Akpelni (10/05/2023)

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko S.H., M.H., mendorong Politeknik Bumi Akpelni, untuk terus meningkatkan kualitas mutu dan kompetensi lulusan. Hal ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang kemaritiman secara global atau internasional.

“Selain menghadirkan sarana prasana seperti laboratorium praktek, yang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa atau taruna, upaya tersebut juga harus didukung dengan kehadiran dosen yang bermutu dan berkualitas,” terangnya.

Pesan tersebut disampaikannya, usai menjadi Inspektur Upacara Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga, Program Diploma Tiga ke-48 dan Sarjana Terapan ke-2 Politeknik Bumi Akpel, yang dilaksanakan di Hotel Patra Jasa Semarang, Rabu 10 Mei 2023.

“Wisuda ini menjadi momentum untuk mengevaluasi dan mencermati hasil dari produk profil mahasiswa yang sudah diluluskan. Kita semua tahu bahwa Politeknik Bumi Akpelni ini punya peran besar dalam pengembangan industri kemaritiman, jadi harapan saya lulusan ini, bisa memperkuat industri dan SDM kemaritiman, yang memang kita perlukan karena Indonesia ini kan negara maritim,” terang Bhimo.

Pihaknya pun menyampaikan rasa terimakasih kepada Politeknik Bumi Akpelni yang telah meluluskan wisudawan di bidang kemaritiman, yang profilnya memang diperlukan negara Indonesia sebagai negara kelautan, termasuk juga di kancah internasional.

“Harapannya ke depan bahwa lulusan-lulusan ini juga bisa mempunyai peran yang penting dalam penguasaan bisnis, maupun menjaga kelautan kita, supaya juga secara nasional kita kuat. Sementara itu, untuk institusinya dan SDM dosennya juga kami harapkan juga untuk selalu meningkatkan kompetensi,” lanjutnya.

Dijelaskan jika mutu institusi dan dosen, pada akhirnya berbanding lurus dengan kompetensi lulusan yang dihasilkan.

“Kalau misalnya kompetensi dosennya kurang , nanti bisa berimbas pada turunnya mutu SDM lulusan yang dihasilkan. Saya lihat di Politeknik Bumi Akpelni, kualitas dosennya terus ditingkatkan, jabatan fungsional dosen (Jafa) sudah banyak yang meningkat. Ini yang kita dorong hingga tingkat doktor, seperti pak Direktur Politeknik Bumi Akpelni yang sedang studi lanjut doktor,” terangnya.

Bhimo menandaskan LLDikti Wilayah VI siap memfasilitasi bagi para dosen Politeknik Bumi Akpelni, yang ingin meningkatkan studi lanjut. Indonesia merupakan negara kelautan dan kepulauan,yang semestinya menguasai lalu lintas perdagangan dunia, maka para dosen didorong untuk meningkatkan kapasitas hingga ke mancanegara.

“Kita ada forum kerjasama, misalnya untuk melaksanakan program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Secara nasional, kita juga banyak beasiswa pendidikan bagi para dosen yang ingin studi lanjut, termasuk ke luar negeri. Salah satunya beasiswa LPDP, juga bisa kita mintakan bantuannya untuk memberikan beasiswa bagi teman-teman dosen,” ungkapnya.

Diketahui jenjang studi lanjut di bidang kemaritiman di Indonesa masih terbatas sehingga para dosen yang ingin studi lanjut, bisa menimba ilmu di Inggris atau Jerman.

“Ini tentu saja juga memerlukan dana yang tidak sedikit, namun kita bisa minta bantuan LPDP untuk membantu kita dalam pengembangan SDM itu, tapi juga harus disiapkan juga kompetensi SDM yang diajukan, misalnya kemmapuan bahasa Inggris dan lainnya, yang nanti kita test dulu untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut,” pungkasnya.

Sementara, Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga, Program Diploma Tiga ke-48 dan Sarjana Terapan ke-2 Politeknik Bumi Akpelni, yang dilaksanakan di Hotel Patra Jasa Semarang, Rabu 10 Mei 2023, tersebut diikuti sebanyak 425 wisudawan. Jumlah tersebut terdiri dari lulusan program studi (prodi) Nautika 202 wisudawan, prodi Teknika 212 wisudawan, prodi Ketatalaksanaan Niaga dan Kepelabuhan 4 wisudawan, serta prodi Transportasi Laut 7 wisudawan.

“Sampai saat ini Politeknik Bumi Akpelni telah meluluskan sebanyak 8.665 wisudawan, yang terdiri dari 3.224 orang dari program studi Nautika, 3.171 orang dari prodi Teknika, 2.713 lulusan dari prodi Ketatalaksanaan Niaga dan Kepelabuhan, serta 17 lulusan dari program Transportasi Laut jenjang Sarjana Terapan,” papar Direktur Politeknik Bumi Akpelni Capt Cahya Fajar Budi Hartanto M.Mar, M.Si, dalam sambutannya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram