Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Meriahkan Acara Jalan Sehat Bergerak Bersama Dalam Peringatan Bulan Merdeka Belajar

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, LLDIKTI Wilayah VI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Universitas Diponegoro (Undip). Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Negeri Semarang (Polines), Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat Bergerak Bersama pada hari Minggu (14)5/23).

Kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut dimulai serta diakhiri pada titik kumpul yang sama yakni di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Sebagai tuan rumah kegiatan Jalan Sehat Bergerak Bersama, Kepala Disdikbud Jawa Tengah membuka acara dengan menyampaikan bahwa kegiatan ini telah membuktikan bahwa kolaborasi sangat penting untuk bisa mensukseskan program Merdeka Belajar terutama kerjasama antara satker Kemdikbudristek di Jawa Tengah dengan Pemerintah Daerah Jawa Tengah.

“Berbagai kegiatan dilakukan untuk semarakkan program Merdeka Belajar di seluruh Indonesia, termasuk di Jateng ini. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan jalan sehat yang dapat melibatkan berbagai pihak termasuk para pegawai dan keluarganya, siswa, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat dalam menyemarakkan kegiatan ini melalui kerjasama antar Satker” tambahnya.

Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti yang juga merupakan ketua panitia kegiatan, mengatakan dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan Jalan Sehat dilaksanakan secara serentak secara nasional dalam rangka menyampaikan atau mensosialisasikan menyebarluaskan program Merdeka belajar beserta dengan hasil-hasil yang telah dicapai melalui berbagai kegiatan.

Nugraheni Triastuti juga menyampaikan bahwa halaman kantor Disdikbud Provinsi Jawa Tengah dipilih sebagai titik kumpul karena kantor tersebut adalah yang paling strategis dan berada di tengah kota sehingga diharapkan dapat mempersatukan para peserta yang berasal dari berbagai satker serta warga masyarakat disekitar Kota Semarang.

Selain kegiatan jalan sehat yang mengambil rute Jalan Pemuda – Jalan Pandanaran – Jalan MH. Thamrin, rangkaian kegiatan jalan sehat juga dimeriahkan oleh pembagian ratusan doorprize serta pertunjukan pentas seni budaya. Salah satu pertunjukan seni budaya ditampikan oleh tim tari Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Selanjutnya, kegiatan Jalan Sehat ini diharapkan dapat menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam mewujudkan merdeka belajar yang berkelanjutan.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram