Sebanyak 14 pemilik UMKM dari perwakilan kelurahan di Kecamatan Tembalang belajar digital marketing di laboratorium komputer Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi ( FTIK) Universitas Semarang (USM) baru-baru ini.
Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat bagi beberapa dosen dilingkungan FTIK USM antara lain Nurtriana Hidayati MKom, Prind Triajeng Pungkasanti MKom, dan Nur Wakhidah MCs.
Kegiatan dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Kec. Tembalang Kota Semarang” ini menghadirkan pakar digital marketing dari dosen Ilmu Komunikasi USM Edi Nurwahyu Julianto MIKom
Edi memberikan arahan dan stategi pemasaran menggunakan media sosial yaitu Instagram melalui stategi konten dan tips trik penggunaan hastag yang baik.
Menurut Nur Wakhidah bahwa tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengenalkan teknik pemasaran melalui strategi konten pada instagram.
“Dengan adanya pelatihan ini memudahkan para pemilik UMKM melakukan pemasaran secara digital, sehingga mampu meningkatkan target penjualan produk UMKM selama pandemi ini,” ungkapnya.
“Kita ketahui bersama dampak dari pandemi covid-19 ini sanagt luas sehingga berdampak pada pelaku UMKM, sehingga harus kreatif dengan strategi digital marketing agar bisa tetap bertahan dan meningkatkan penjualan di masa pandemi,” tambahnya.
Salah satu pemilik Kopi Sadiroso Anisah mengaku sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut dan berharap adanya kegiatan yang rutin dan keberlanjutan.
“Kami pelaku UMKM juga berpandangan bahwa perlu strategi yang kreatif di zaman yang serba on line ini, sehingga perlu adanya suatu wadah inkubator bisnis untuk menjembatani dan memfasilitasi kegiatan tersebut,” ungkap Anisah.