Previous slide
Next slide

Wisuda Ke-64 UNIMAR AMNI : Pentingnya Character Building dalam Dunia Kerja

Bon Voyage Wisuda Ke-64 Universitas Maritim AMNI

Semarang – Universitas Maritim AMNI Semarang menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Ke-64 sekaligus Upacara Bon Voyage di Plaza Kampus Biru UNIMAR AMNI Semarang pada Sabtu (18/11/23). Sebanyak 590 Wisudawan dan Wisudawati mengikuti prosesi wisuda dengan khitmad. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Bon Voyage Wisuda kali ini adalah Dr. Hartanto, M.H., M.Mar.E., selaku Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan RI. Sedangkan tamu undangan terdiri dari orangtua para wisudawan serta berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan yang telah memiliki hubungan kerjasama dengan UNIMAR AMNI Semarang.

Rektor UNIMAR AMNI Semarang, Ir. Siswadi, M.T.,  dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan syukur pada wisuda kali ini mempersembahkan sejumlah 590 orang lulusan dari berbagai program studi antara lain: Prodi S1 Transportasi sebanyak 252 lulusan, Prodi D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan sebanyak 130 lulusan, Prodi D3 Teknika sebanyak 82 lulusan serta Prodi D3 Nautika sebanyak 126 lulusan. Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UNIMAR AMNI Semarang kepada masyarakat bangsa dan negara, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia di bidang maritim dan transportasi yang berkualitas dan berkarakter serta berdaya saing. Lebih jauh, dia berharap para wisudawan untuk terus berkarya, mengisi kehidupan dengan “belajar sepanjang masa” dan senantiasa bersemangat meningkatkan diri serta perkuat solidaritas, dengan adab yang mulia, demi kontribusi yang nyata bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Sementara itu Dr. Hartanto, M.H., M.Mar.E. dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan studi akhir program diploma dan sarjana pada universitas UNIMAR AMNI Semarang. Dari sisi sumber daya manusia, UNIMAR termasuk salah satu lembaga yang berkontribusi dalam mewujudkan visi & misi Kementrian Perhubungan dalam Fakultas Kemaritiman. UNIMAR AMNI adalah salah satu dari sekian universitas/akademi yang sudah diberikan Approval oleh DJPL. Oleh karenanya kepada seluruh civitas akademika UNIMAR AMNI kiranya tetap pertahankan prestasi yg baik dan terus berupaya menciptakan lulusan sektor maritim yg mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional.

Beliau lebih jauh menjelaskan pendidikan menciptakan 3 aspek penting antara lain knowledge, skill & attitude. Namun berdasarkan pengalaman, meskipun pelaut Philipine lebih banyak jumlahnya & lebih bagus dalam berbahasa inggris, namun pada era sekarang ini ternyata attitude atau sikap serta mental yang sangat dibutuhkan di dunia maritim se-Eropa & Afrika, bahwa pelaut Indonesia yang ternyata menurut pemikiran mereka memiliki kemajuan dibidang character building lebih baik. Tentunya hal ini menjadi semangat bagi para lulusan untuk berani bersaing di dunia luar. Dalam Sidang Senat Terbuka disebutkan Wisudawan Terbaik yaitu Nuraeni dari Prodi D3 KPN dengan perolehan IPK 3,89, Rio Nugraha Pratama di Prodi D3 Teknika memperoleh IPK 3,57, Alfarel Samudra Hariya dari Prodi D3 Nautika dengan IPK 3,88 dan Windy Ayu Puji Astuti dari Prodi S1 Transportasi dengan IPK 3,86.

Rangkaian acara wisuda kali ini disertai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama sebagai tanda awal dimulainya pembangunan Kolam Latih dan Fasilitas Pendukung Diklat Keterampilan Khusus Pelaut. Selain itu penandatanganan kerjasama MoU dengan perusahaan perwakilan NYK Line di Indonesia turut mengisi rangkaian kegiatan Wisuda Ke-64 UNIMAR AMNI.

Selamat dan sukses Perwira Muda UNIMAR AMNI! (Humas/UNIMAR AMNI – LLDIKTI6)

Foto Galeri:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram