Previous slide
Next slide

Gelar Forum Rektor Kabupaten Kudus, Tanggapi PKPU Nomor 20 Tahun 2023

UMK – Univeritas Muria Kudus (UMK) bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Institut Teknologi Kesehatan (Itekes) Cendekia Utama Kudus, serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Kudus sukses menyelenggarakan Forum Rektor Kabupaten Kudus.

Mengusung tema “Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Tahun Politik 2024”, kegiatan tersebut berlangsung khidmat di Ruang Seminar Gedung J lantai V Universitas Muria Kudus, Rabu (22/11/2023). Forum Rektor ini merupakan respon terhadap aturan baru yang tertuang Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20 tahun 2023, yakni kampanye yang diperbolehkan di perguruan tinggi.

“Kami sebagai pimpinan perguruan tinggi siap untuk menyongsong tahun politik dengan baik. Ini akan jadi pendidikan politik bagi mahasiswa, dan mahasiswa juga bisa mengkritisi visi dan misi dari calon pemimpin mendatang,” tutur Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si selaku penggagas Forum Rektor tersebut.

“Dalam pelaksanaanya, juga akan tetap mempertahankan netralitas perguruan tinggi dan tidak memihak kepada kelompok tertentu. Dengan regulasi yang ada kita buktikan bersama-sama untuk ikut berpartisipasi dalam demokrasi,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kudus, Saiful Annas menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini sejalan dengan tujuan PWI. Dimana salah satunya, yakni terlaksananya kehidupan demokrasi, berbangsa, bernegara, serta kemerdekaan menyatakan pendapat.

“Di forum ini kita bisa lihat bagaimana respon kesiapan dari perguruan tinggi di Kudus. Dan tentunya dengan batasan-batasan tertentu sesuai dari petunjuk dari KPU dan Bawaslu yang hadir dalam kesempatan ini,” ungkapnya.

Dalam Forum Rektor tersebut juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas sebagai simbol mempertahankan netralitas perguruan tinggi dan tidak memihak kepada kelompok tertentu. 

Sebagai informasi, Forum Rektor Kabupaten Kudus ini dihadiri oleh Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. beserta jajaran pimpinan UMK; Rektor UMKU, Dr. Edy Soesanto, SKp., M.Kes. beserta jajaran pimpinan UMKU; Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si. yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Dr. Ahmad Supriyadi, S.Ag., M. Hum.; serta Rektor Itekes Cendekia Utama, Ilham Setyo Budi, S.Kp., M.Kes. beserta jajaran pimpinannya.

Turut hadir pula Ketua KPU Kudus Ahmad Amir Faiso, Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan, serta masing-masing perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari masing-masing perguruan tinggi. (Humas-UMK)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram