Previous slide
Next slide

UMS Menjadi Tuan Rumah Bimtek Riviewer Penelitian 2023

SUKOHARJO- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dipercaya menjadi penyelenggara Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para reviewer penelitian di perguruan tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan pada Platfrom Zoom tersebut dihadiri oleh reviewer dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Sabtu (21/10).

Bimtek 2023, kali ini selain menjadi ajang silaturahim, juga menjadi momentum untuk meningkatkan kapasitas seorang reviewer dalam melaksanakan tugas monev pada penelitian, hal ini disampaikan Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif saat memberikan sambutannya.

“Gunakan kesempatan ini sebagai silaturahim dan meningkatkan kapasitas kita atau merecharge skill kita dalam melaksanakan tugas monev,” ujar Prof., Sofyan Anif.

Rektor UMS itu juga mengingatkan kembali prihal tugas sebagai seorang dosen dan perguruan tinggi yang termaktub dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Catur Dharma Perguruan Tinggi bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA).

“Kalau kita bicara tentang riset ini adalah sebagai tugas yang tidak bisa kita hindari sebagai seorang dosen, karena kita punya tugas Tri Dharma,” ujar Rektor UMS.

Hasil riset yang baik menurut Sofyan Anif adalah mereka yang mampu diwujudkannya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Pengabdian masyarakat yang baik itu harus berbasis pada data riset atau kita balik penelitian yang baik itu harus menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat, “ ujar nya.

Bimtek yang dilakukan merupakah salah satu persyaratan bagi para reviewer agar dapat memenuhi syarat untuk bisa melakukan monitoring dan evluasi (monev).

“Karena monev ini dilakukan oleh reviewer yang sudah memenuhi persyarakat jadi ada beberapa persyaratan dan salah satunya adalah bimtek ini,” ujar Sri Sunarjono selaku Ketua Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMS.

Sri Sunarjono juga mengharapkan bagi para reviewer untuk dapat melakukan bimbingan dan arahan bagi para periset terutama ketika melakukan review dan monev, sehingga menurutnya ini dapat menambah pengalaman bagi periset.

Ia berharap dalam melakukan riview hasil riset, para reviewer dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta pada akhir tahun 2023 ini laporan hasil riset bisa berhasil memebuhi target yang telah ditentukan.

“Di bulan Desember nanti akhir dari laporan riset itu semuanya bisa berhasil sesai dengan target yang ditentukan,” ujar Ketua LRI UMS.

(Sumber : atta/Humas_UMS)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram