Previous slide
Next slide

FKG UMS Latih Guru Pembina UKGS SD/MI Muhammadiyah di PDM Sukoharjo

SOLO – Setelah sukses melatih dokter gigi kecil dan pembina Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di lingkup Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kartasura, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merambah wilayah yang lebih luas yaitu SD/MI Muhammadiyah binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo.

Sebanyak 30 guru perwakilan dari sekolah binaan mengikuti pelatihan untuk menjadi guru Pembinan UKGS pada Selasa (3/10) yang dilaksanakan di ruang meeting FKG UMS. Agenda yang diprakarsai oleh Dekan FKG UMS drg., Dendy Murdiyanto, MDSc bersama jajaran dosen dan tim mahasiswa tersebut pun sukses digelar.

Dalam pelatihan, materi yang disampaikan antara lain berupa UKGS dan peran dokter gigi kecil oleh drg., Ariyani, kemudian fungsi dan struktur gigi oleh drg., Juwita, selanjutnya materi mengenai cara menjaga kesehatan gigi disampaikan oleh drg., Nilasary, penyakit gigi anak dan perawatannya serta penanganan kasus darurat gigi oleh drg., Septriyani.

Dekan FKG UMS, Dendy mengatakan kegiatan pelatihan diikuti dengan antusias dan interaktif, juga peserta pelatihan berharap kegiatan serupa terus ditindaklanjuti sehingga membawa manfaat yang lebih luas.

“Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias mulai dari penyampaian materi sampai simulasi dan sesi tanya jawab. Para guru peserta pelatihan merasa sangat tercerahkan khususnya mengenai kesehatan gigi dan mulut bagi siswa SD,” ungkap Dendy Murdiyanto, Rabu (18/10).

Dia juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tahap awal dalam pembinaan UKGS di Wilayah PDM Sukoharjo, dan grup whatsapp telah dibuat untuk memudahkan koordinasi terkait tindak lanjut kegiatan tersebut.

Dalam pelatihan tersebut juga dilakukan pretest dan posttest yang dipandu oleh Dwi Kurniawati, MPH., untuk mengukur keberhasilan pemahaman peserta pelatihan.

Tim pelatihan dari FKG UMS berharap tingkat kesehatan gigi dan mulut siswa yang merupakan kunci kesehatan secara menyeluruh menjadi lebih baik sehingga menjadi bagian dari pembangunan sumber daya manusia yang unggul.

(Sumber : Maysali/Humas_UMS)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram