Previous slide
Next slide

Wisuda Politeknik Harapan Bersama Luluskan 1.059 Mahasiswa

Tegal – Sejumlah1.059 mahasiswa Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menjalani prosesi wisuda di Sebayu Convention Hall, Hotel Bahari Inn, Kota Tegal, Rabu (4/10). Jumlah tersebut berasal dari 2 program studi pada jenjang Sarjana Terapan dan 8 program studi pada jenjang Diploma 3 di Poltek Harber. Sebelum wisuda dilakukan mereka mengikuti gladi bersih Wisuda Sarjana Terapan ke-7 dan Ahli Madya ke-19.

Direktur Politeknik Harapan Bersama Tegal Agung Hendarto mengucapkan selamat dan sukses kepada segenap wisudawan Politeknik Harapan Bersama pada jenjang Sarjana Terapan dan jenjang Ahli Madya yang diwisuda tahun 2023. Keberhasilan dalam menyelesaikan studi merupakan salah satu tahapan kehidupan dari karir yang akan terus dilakukan. Wisuda merupakan momen akhir sekaligus awal bagi wisudawan. Momen akhir karena para wisudawan telah berhasil melewati masa studi 3 hingga 4 di Politeknik Harapan Bersama.

“Momen awal karena setelah diwisuda, saudara terlahir sebagai insan terdidik yang siap mendarmabaktikan pikiran dan tenaga saudara demi kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa,” katanya.

Agung mengungkapkan sebagai mahasiswa telah menjadi manusia terdidik yang dibekali pengetahuan dan kompetensi yang siap berkontribusi kepada masyarakat. Dan calon pemimpin masa depan harapan bangsa. Nilai-nilai integritas, disiplin, bermental pembelajar, selalu berkreasi dan berinovasi, serta kolaborasi, harus selalu di pegang dan implementasikan dalam menghadapi dunia nyata. Ketika memasuki dunia nyata, artinya  perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dengan lingkungan dan tantangan yang baru.

“Keberhasilan ditentukan nilai-nilai yang dipegang, serta kemampuan dalam menyesuaikan diri untuk menjawab tantangan,” ungkapnya.

Agung melaporkan pendidikan dalam rangka Wisuda Sarjana Terapan ke-7 dan Ahli Madya ke-19 Tahun 2023, bahwa Politeknik Harapan Bersama tahun 2023 mewisuda 2 program studi pada jenjang Sarjana Terapan dan 8 program studi pada jenjang Diploma 3. Untuk jumlah wisudawan adalah Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika sejumlah 114 wisudawan, Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik sejumlah 35 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Teknik Elektronika sejumlah 42 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Teknik Mesin sejumlah 103 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Teknik Komputer sejumlah 249 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Akuntansi sejumlah 254 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Perhotelan sejumlah 22 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Desain Komunikasi Visual sejumlah 65 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Kebidanan sejumlah 37 wisudawan, dan Program Studi Diploma-3 Farmasi sejumlah 138 wisudawan dengan jumlah total wisudawan 1.059 wisudawan yang akan diwisuda Kamis 4 Oktober 2023.

“Kami berharap semua lulusan dapat terserap di dunia industri yang sesuai dengan kompetensi wisudawan. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan sesuai standar dunia kerja, serta budi pekerti yang baik, merupakan bentuk pertanggungjawaban Politeknik Harapan Bersama kepada orang tua, masyarakat dan bangsa, sebagai kampus vokasi yang unggul dan berkualitas,” ujarnya.

“Kami sampaikan, ucapan selamat dan sukses sekali lagi kepada wisudawan-wisudawati atas keberhasilan dalam meraih galar Sarjana Terapan dan Ahli Madya serta selamat berkarya dalam masyarakat. Semoga kebanggaan menjadi lulusan Politeknik Harapan Bersama membawa para wisudawan dan wisudawati menjadi insan yang bemanfaat,” tutur Agung

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Bersama, Sudirman Said mengatakan, fokus dari Poltek Harber merupakan vokasi atau pendidikan keterampilan, sehingga diharapkan para wisudawan siap memasuki dunia kerja dengan bekal-bekal yang sudah diterima.

“Soft skill penting untuk memenuhi dunia kerja, tetapi keterampilan teknik dan non teknik harus diterapkan. Insya Allah, mereka akan menjadi duta-duta dari Poltek Harber, untuk memasuki dunia kerja yang lebih luas,” bebernya.

Melalui kesempatan itu, Sudirman Said menyampaikan empat pesan agar para wisudawan bisa terus tumbuh berkembang dan diterima di mana-mana.

Pesan itu meliputi menjaga integritas, membangun kompetensi, membangun relasi pertemanan dan terus menerus belajar.

Hadir dalam prosesi wisuda, Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, Wali Kota Tegal yang diwakili Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Dewi Umaroh, anggota Forkopimda Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan para tamu undangan.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko S.H., M.H., menyampaikan salah satu peran perguruan tinggi adalah memberikan bekal untuk mahasiswa dapat berkontribusi dan terjun di masyarakat. Perguruan tinggi mempunyai peran aktif dalam membina pendidikan akademik maupun non akademik dalam menghadapi tantangan dan perubahan dunia saat ini. “Selamat dan sukses untuk seluruh wisudawan/ti Poltek Harber, semoga kalian menjadi poinir Generasi Emas Indonesia 2045.” pungkas Kepala LLDIKTI.

Bersamaan dengan itu, digelar pula orasi ilmiah yang menghadirkan Direktur PT MRT Jakarta, William P Sabandar dan Wakil Ketua Umum Bidang Vokasi dan Sertifikasi KADIN INDONESIA, Adi Mahfudz Wuhadji.

(Sumber : Humas_Poltek Harber)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram