Previous slide
Next slide

Gelar Wisuda Ke-49, Politeknik Bumi Akpelni Luluskan 100 Perwira Remaja

Wisuda ke-49 Tahun 2023 Politeknik Bumi Akpelni

Semarang – Upacara wisuda merupakan babak akhir proses pendidikan tinggi yang senantiasa dinantikan para mahasiswa, tak terkecuali bagi 100 perwira remaja Politeknik Bumi Akpelni yang resmi menyandang gelarnya setelah melaksanakan Wisuda Perwira Remaja Pelayaran Niaga, Diploma Tiga dan Sarjana Terapan. Seremoni sakral penuh rasa bangga dan haru ini digelar bertempat di Gedung UTC Semarang, pada Kamis (5/10). Wisuda ini diikuti Taruna Taruni yang telah mengikuti seluruh proses pendidikan tinggi dan atau menyelesaikan Ujian Keahlian Pelaut Tingkat Kompetensi ANT-III dan ATT-III.

Pada pelaksanaan Wisuda ke-49 ini, Politeknik Bumi Akpelni berhasil meluluskan sejumlah 100 taruna/taruni dengan rincian: 10 orang dari Prodi Nautika, 8 orang dari Prodi Teknika, 64 orang dari Prodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, dan 13 orang dari Prodi Transportasi Laut. Keseluruhan program studi Politeknik Bumi Akpelni telah terakreditasi BAN-PT dan dipastikan seluruh ijazah pun telah valid dan memenuhi ketentuan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi Kemendikbud Ristek melalui LLDIKTI Wilayah VI.

Wisuda ke-49 ini mengusung tema “Lulusan Politeknik Bumi Akpelni Siap Menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan Kemaritiman pada Kemajuan Industri Maritim”. Direktur Politeknik Bumi Akpelni, Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si., dalam laporan tertulisnya menyampaikan bahwa Politeknik Bumi Akpelni telah membekali lulusan dengan kriteria dan kualifikasi kompetensi lulusan sesuai pembelajaran.

Direktur turut berpesan “Untuk para wisudawan, jangan berhenti belajar. Wisuda ini adalah titik awal untuk melanjutkan studi formal maupun sertifikasi ketrampilan. Terus tingkatkan kompetensi demi dapat bersaing pada dunia industri dan lapangan kerja. Jangan lupa banggakan dan bahagiakan orang tua.” pesan Capt. Fajar menutup sesi wawancara.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H, dalam sambutan tertulis menyampaikan menyampaikan Apresiasi dan Ucapan Selamat kepada Jajaran Yayasan, Direktur dan seluruh civitas Politeknik Bumi Akpelni, atas terselenggaranya seremoni Wisuda pada hari ini. Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi ternama khususnya di bidang maritim, Politeknik Bumi Akpelni kembali telah membuktikan konsistensi dan komitmen yang sangat baik dalam dunia Pendidikan tinggi, selaras dengan Visi Politeknik Bumi Akpelni, yaitu “Menjadi Politeknik yang Unggul di Bidang Ilmu dan Teknologi Maritim, Inspiratif, Berstandar Nasional dan Internasional”.

“Kami sangat percaya bahwa Politeknik Bumi Akpelni telah menyelenggarakan berbagai program dan inovasi Vokasi untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran yang berkaitan dengan kesiapan kerja, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari keterampilan baru, mengambil tanggung jawab untuk belajar di tempat kerja dan menerapkan keterampilannya dalam berbagai konteks.” tutup Kepala LLDIKTI VI.

Dalam prosesi wisuda ini, sejumlah 4 Taruna dan Taruni dinobatkan sebagai wisudawan terbaik, yakni:

  • Program Studi Nautika: Desendra Adivtan Akbar, IPK 3.29
  • Program Studi Teknika: Rahmadi Indar Saputro, IPK 3.13
  • Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan: Dea Mei Ayu Safitri, IPK 3.76
  • Program Studi Sarjana Terapan Transportasi Laut: Yagie Alfayed, IPK 3.76

Suasana haru dan penuh sukacita tampak pada akhir sesi wisuda ketika para orangtua / wali penyematkan brevet tanda kelulusan kepada putra putri tercintanya, setelah sebelumnya serentak seluruh wisudawan melaksanakan “Celebration Hat” dengan penuh semangat. Atraksi pentas seni dari Paduan Suara dan Aksi Barongsai menutup gelaran wisuda yang penuh dengan kebahagiaan ini.

Selamat dan sukses untuk Politeknik Bumi Akpelni. “Unggul, Juara, Mendunia!”

Simak video liputan Wisuda ke-49 Politeknik Bumi Akpelni di bawah ini:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram