Previous slide
Next slide

CIPTAKAN APLIKASI INRAGA, MAHASISWA FIK UDINUS BANTU KELOLA UMKM DI BIDANG OLAHRAGA

Lima mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ciptakan aplikasi untuk memudahkan dalam mempromosikan dan mengelola UMKM di bidang olahraga. Aplikasi tersebut bernama Inraga dan kini dapat diunduh melalui aplikasi playstore.

Aplikasi yang dirancang oleh Hanif Fadillah Amrynudin, Faqih Hidayatulloh, Dwi Prakoso, Dewa Ayu Putri Tesalonika, dan Bagaskara Bayu Adhy. Mereka tergabung dalam tim Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan berasal dari beberapa program studi di Udinus.

Inraga memiliki beberapa fitur – fitur menarik dan mampu mengelola UMKM di bidang olahraga, seperti RagaBattle dan RagaTicket, persewaan lapangan, Penyelenggaraan Event olahraga. Bahkan, aplikasi tersebut mampu memasarkan produk dari UMKM di bidang Olahraga dalam fitur bernama RagaShop dan RagaTrainer.

Salah satu tim dari aplikasi Inraga Udinus,  Hanif Fadillah Amrynudin menjelaskan bahwa aplikasi Inraga merupakan hasil dari ide kelima mahasiswa dan tercetus pada bulan maret lalu. Ungkapnya, proses development program Inraga membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Dalam menarik user, pengembang Inraga menyelenggarakan beberapa kegiatan olahraga salah satunya Jug-Jug Minton diikuti oleh 16 tim.

“Kegiatan ini merupakan tahap validasi market yang dilakukan oleh tim kami. Saat ini, tim Inraga juga telah berdiskusi dengan berbagai UMKM yang bergerak dalam bidang olahraga,” jelasnya.

Tim perancang Inraga, dibina oleh Koordinator Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs. P2MW merupakan program Ditjen Dikti Kemendikbudristek untuk mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Program ini fokus diberikan bagi mahasiswa yang sudah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan.

Dalam wawancaranya, Koordinator Kemahasiswaan FIK Udinus, Galuh Wilujeng Saraswati, M.Cs., berharap aplikasi karya mahasiswa Udinus dapat dikenal oleh masyarakat luas. Menurutnya, aplikasi Inraga mampu menjadi terobosan dalam bidang olahraga.

“Saat ini sudah lebih dari 50 pengguna dan akan terus bertambah seiring kepopuleran aplikasi Inraga. Kami dukung penuh karya-karya dari para mahasiswa Udinus untuk terus berkembang dan berinovasi dalam berbagai bidang,” tutupnya.

Sumber: Humas Udinus

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram