Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Selenggarakan FGD untuk Meningkatkan Penilaian Jabatan Fungsional Dosen

SemarangFocus Group Discussion (FGD) Pembahasan Penilaian Angka Kredit Usulan Jabatan Fungsional Dosen Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Angkatan VI telah sukses berlangsung pada Jumat hingga Sabtu (08/09 – 09/09) di Hotel Grandhika Semarang. Acara tersebut dihadiri oleh Tim Penilai Angka Kredit (PAK) LLDIKTI Wilayah VI serta Tim PAK Nasional, dengan total peserta sebanyak 18 orang beserta tim Sumber Daya Perguruan Tinggi yang telah mengolah berbagai usulan jabatan fungsional dosen sepanjang tahun ini.

FGD ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengevaluasi usulan Jabatan Fungsional Dosen yang telah dinilai oleh Tim PAK LLDIKTI Wilayah VI. Dalam kegiatan tersebut, peserta FGD berupaya menyelaraskan penilaian mereka dengan peraturan yang berlaku, mencapai pemahaman dan kesepakatan bersama, serta merencanakan tindak lanjut terhadap hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim PAK.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah VI via Zoom. Dalam sambutannya, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan untuk memastikan proses penilaian angka kredit dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami juga ingin mendapatkan insight dari pekerjaan bapak ibu sebagai penilai angka kredit di LLDIKTI Wilayah VI, sehingga ke depannya kami dapat membantu bapak ibu bukan hanya dalam aspek administrasi, tetapi juga dalam proses penilaian. Hasil dari FGD ini juga diharapkan dapat menjadi dasar bagi kami untuk menyelesaikan permasalahan serupa yang mungkin ditemukan di masa mendatang.” papar Bhimo.

Pada tahun 2023, sebanyak 1639 usulan jabatan fungsional dari asisten ahli hingga Guru Besar telah berhasil diselesaikan melalui proses Penilaian Angka Kredit yang komprehensif. Harapannya, hasil diskusi mengenai temuan-temuan masalah selama proses penilaian oleh tim PAK dapat menjadi landasan untuk mengatasi masalah serupa yang mungkin timbul di masa yang akan datang. Masukan yang diberikan oleh tim PAK juga diharapkan dapat menjadi dasar untuk perbaikan layanan dalam pengajuan jabatan fungsional dosen melalui sistem SiJAGO.

Kegiatan FGD ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas Penilaian Angka Kredit di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pengembangan pendidikan tinggi di wilayah ini. (Humas LL6 & SDPT)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram