Previous slide
Next slide

Mahasiswa AISKA Borong Prestasi Tingkat ASEAN

AISKA, Surakarta – Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Surakarta (AISKA) kembali menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi tingkat ASEAN yang digelar oleh Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta. Kompetisi yang diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 ini mengusung “Peran Generasi Muda dalam Melestarikan Kemerdekaan Bangsa Indonesia” sebagai tema kegiatan. Para pemenang dari kompetisi ini diumumkan pada hari Selasa (15/8/2023) melalui website Universitas Duta Bangsa Surakarta.

Lima piala berhasil dibawa pulang oleh mahasiswa AISKA. Para mahasiswa tersebut adalah Enur Rara Lestari, yang mendapatkan juara 2 Lomba Penulisan Esai dengan judul “Peran Generasi Muda dalam Meneguhkan Ideologi Pancasila”. Dalam esai tersebut, Enur menyuarakan pentingnya peran generasi muda dalam meneguhkan ideologi Pancasila guna menjaga fondasi kebangsaan Indonesia. Mahasiswa prodi D3 Keperawatan AISKA ini mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam kompetisi ini untuk mencoba tantangan baru.

Kabar kedua datang dari Fatikha Widyastuti. Mahasiswa prodi S1 Keperawatan AISKA ini mendapatkan juara 2 dalam Kompetisi Penulisan Artikel Ilmiah. Dalam artikelnya, Fatikha menyoroti tokoh Tan Malaka dan perjuangannya untuk kemerdekaan Indoenesia, meskipun langkahnya sering dinilai kontroversial. Dia mengungkapkan bahwa alasannya memilih kisah Tan Malaka dikarenakan Tan Malaka merupakan tokoh yang dia kagumi.

Selanjutnya, Fajriya Ernawati menyumbangkan gelar juara 1 dalam Kompetisi Penulisan Cerita Pendek. Fajriya, yang merupakan mahasiswa prodi S1 Sistem dan Teknologi Informasi ini, menulis cerita mengenai Rizky, seorang anak desa yang hatinya tergetar setelah mendengarkan kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia dari kakeknya. Melalui upayanya, Rizky ingin meneruskan perjuangan itu dan menginspirasi banyak orang untuk ikut berpartisipasi dalam perjuangan Rizky.

Selain dalam bidang karya tulis, mahasiswa AISKA ini juga menyumbangkan piala dalam bidang lainnya. Salah satunya adalah Anggun Dhipa Putri, yang mengikuti Kompetisi Menyanyi Lagu Kebangsaaan Indonesia. Anggun menyanyikan lagu “Tanah Airku” dan berhasil menyabet gelar juara 1. Mahasiswa prodi S1 Administrasi Rumah Sakit ini melakukan latihan olah vokal dalam persiapannya mengikuti lomba. Keikutsertaannya mengikuti lomba adalah karena dia ingin mengarumkan nama prodi dan universitasnya.

Terakhir, Fitrianti Asani, Etika Mandasari, dan Dinda Cita Lolita menyumbangkan gelar juara 3 dalam Short Video Competition dengan film pendek mereka. Film dengan judul “Outstanding Youth Driving Force of the Nation Towards Indonesian Independence” ini bercerita tentang pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki semangat juang besar demi menjunjung jasa para pahlawan dengan mengajak para masyarakat untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. Film pendek ini memilih Pasar Gedhe Solo, depan Bank Indonesia Solo, dan Jembatan Tol Desa Sapen, Karanganyar sebagai lokasi pengambilan gambarnya.

(/az)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram