Previous slide
Next slide

Komitmen LLDIKTI Wilayah VI Bersama LAM Teknik Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi

Peningkatan kualitas mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Jawa Tengah menjadi salah satu komitmen dan upaya yang secara terus menerus dilakukan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bersama Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik), LLDIKTI Wilayah VI menyelenggarakan Workshop Instrumen Akreditasi Program Studi Angkatan 2 Tahun 2023 pada Rabu (24/5) di Kampus II Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dengan 84 orang peserta dari 43 PTS yang memiliki Program Studi Teknik.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, SH, MH. dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk mendorong peningkatan mutu perguruan tinggi dan program studi secara berkelanjutan menghadapi dinamika regulasi pendidikan tinggi yang dinamis diperlukan komitmen yang kuat dari Yayasan, Pimpinan perguruan tinggi, Lembaga Penjamin Mutu, Kepala program studi, Dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa.

“Semua elemen harus sadar mutu, harus mengedepankan budaya mutu, SPMI harga mati jika bapak/ibu ingin menjadikan perguruan tingginya berkualitas. Oleh karena itu Bapak/Ibu sekalian, mari kita wujudkan kerja bersama untuk menciptakan PTS yang berkinerja prima, taat azas dan ber-tata kelola baik, sehingga pada saatnya nanti seluruh PTS yang ada di Jawa Tengah mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi baik di tingkat regional, nasional, maupun global,” tegasnya.

Asesor LAM Teknik, Prof. Dr. Ir. Illah Sailah, MS. dalam materinya tentang kebijakan dan prosedur akreditasi LAM Teknik menyampaikan pentingnya akreditasi bagi lulusan Perguruan Tinggi. “Akreditasi penting bagi pengembangan karir lulusan keteknikan dalam rantai nilai keinsinyuran,” jelasnya.

Prof Illah juga menjelaskan tentang akreditasi dalam satu atap yang artinya akreditasi tak perlu berkali-kali. “Sistem LAM Teknik mengacu pada SN Dikti dan Washington Accord (IABEE), jadi apabila sudah terakreditasi oleh IABEE maka akan mendapatkan peringkat Unggul pada status akreditasi nasional LAM Teknik,” ungkapnya.

“Jangan jadikan Akreditasi hanya sebagai pemenuhan kewajiban dan dilakukan tiap 5 tahun sekali, tetapi jadikanlah sebagai gaya hidup. Pelibatan tendik dalam tim akreditasi juga penting, sehingga mereka juga tahu apa yang harus dilaporkan dan dikumpulkan pada tiap semester, jadi proses re-akreditasi nantinya tidak terlalu berat,” lanjut mantan Kepala LLDIKTI Wilayah III tersebut.

Selain Prof Illah, dari LAM Teknik juga hadir Prof. Dr. Ir. Dipl.Ing. Berkah Fajar Tamtono Kiono. Yang menyampaikan tentang petikan pengalaman LKPS Akademik, Ir. Subagyo, PhD., IPU., ASEAN.Eng. yang menyampaikan tentang petikan pengalaman LED Akademik, serta Dr. Yusuf Dewantoro Herlambang, ST., MT yang menyampaikan petikan pengalaman LKPS dan LED Vokasi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, M.Hum, Wakil Rektor I UPS, Prof. Dr. Purwo Susongko, MPd., serta Ketua Pokja Kelembagaan LLDIKTI Wilayah VI, Siti Nurul Jannah, ST, MEng.

Sebelumnya Kepala LLDIKTI Wilayah VI di hadapan segenap sivitas UPS Tegal meresmikan Gedung Kampus II UPS Tegal yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Tegal. Di lahan seluas hampir 2 (dua) hektar ini nantinya akan diproyeksikan sebagai Gedung Fakultas Kedokteran, dan untuk menuju kesana UPS Tegal telah mengunggah ISK dari 12 Prodinya, dan segera melakukan peningkatan APS berperingkat Unggul.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram