Previous
Next

Mahasiswa Poltekun Raih Tiga Medali Perak di Ajang Kompetisi Internasional

KUDUS – Tim perwakilan POLTEKUN berhasil meraih 3 Medali Perak dalam Ajang Kompetisi  World Invention Competition and Exhibition (WICE)yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) berkolaborasi dengan SEGi University Malaysia.

Ajang Kompetisi Internasional ini diselenggarakan mulai tanggal 31 Agustus 2022 dalam dua mekanisme lomba yaitu online competition dan offline competition serta diikuti oleh 273 tim dari 25 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Turkey, Kazakhstan, Philippines, Puerto Rico, Romania, United Arab Emirates, Peru, Belarus, Vietnam, Algeria, USA, Turkmenistan, Iran, Sri Lanka, Mexico, Hongkong, Tunisia, South Korea, South Africa, India, Bangladesh dan Nepal yang berakhir pada 30 September 2022 untuk pengumuman pemenangnya.

Politeknik Rukun Abdi Luhur mengirimkan 3 (dua) perwakilan tim online competition yang masing-masing terdiri dari 5 (lima) mahasiswa dan 4 (empat) mahasiswa dari ketiga Program Studi di Poltekun yakni D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, D-III Manajemen Logistik dan D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Tim A yang diketuai oleh Dasep Saepul Milah (mahasiswa prodi D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja) berpartisipasi dalam kategori Applied Physics and Engineering dengan karya berjudulHelp Apllication (Hearing Loss Prevention) of the Monitoring Noise Exposure in the Workplace” untuk memonitoring tingkat kebisingan di tempat kerjadan telah berhasil meraih Medali Perak.

Aplikasi HELP ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dan mengurangi bahaya paparan kebisingan di tempat kerja dengan cara memonitoring atau memantau kondisi di tempat kerja apakah sudah memenuhi NAB (nilai ambang batas) ataukah belum dengan sistem berbasis android.

Sedangkan Tim B Poltekun yang diketuai oleh Husnun Hanifah (mahasiswa prodi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan) berpartisipasi dalam kategori Innovative Social Sciences telah berhasil meraih Medali Perak dengan karya yang berjudul “AsPaRi (Asisten Pariwisata Indonesia)”. Aplikasi berbasis android ini bekerja berdasarkan lokasi pengguna yang dipantau melalui GPS.

AsPaRi merupakan suatu aplikasi yang berfungsi sebagai pemberitahuan kepada pengguna jika terdapat tempat wisata dan kuliner terdekat saat pengguna berada di suatu daerah. Selain itu terdapat menu-menu seperti informasi hotel, tempat beribadah, rest area, kuliner dan virtual tour. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengetahui tempat pariwisata dan kuliner terdekat melalui notifikasi.

Selanjutnya Tim C Poltekun yang diketuai oleh Della Putri Lestari (mahasiswa prodi D-III Manajemen Logistik) berpartisipasi dalam kategori Enviromental Sciences dengan karya berjudul “Greencrocer Mini Cold Storage Design With Solar Power to Minimize Food Loss during Distribution” telah berhasil meraih Medali Perak.

Inovasi tersebut bertujuan untuk menghasilkan suatu design alat untuk mendukung kegiatan distribusi sayur oleh greencrocer ke customer, yang pastinya ramah lingkungan serta mengurangi food loss akibat proses distribusi tersebut.

Wakil Direktur Politeknik Rukun Abdi Luhur, dr. Rano Indradi Sudra, M.Kes. menerangkan bahwa ketiga tim yang mewakili Poltekun dalam kegiatan WICE dibentuk dengan komposisi gabungan yang melibatkan wakil dari tiga prodi, hal ini juga menunjukkan bahwa kolaborasi bisa memperkuat motivasi, daya juang, dan memperkaya sumber daya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram