Previous
Next

ATLET CATUR UDINUS SUMBANGKAN MEDALI EMAS UNTUK INDONESIA DI AJANG INTERNASIONAL

Bergabung dengan kontingen Indonesia U-18, atlet catur mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil sumbangkan medali emas pertama untuk kontingennya. Ahmad Riziq, berhasil mengantongi medali emas pada kategori catur rapid beregu usai mengalahkan atlet catur dari berbagai negara di Dunia.

Selain itu, mahasiswa Prodi S-1 Teknik Industri Udinus, Zacky Dhia Ulhaq berhasil sumbangkan 2 medali perunggu untuk kategori perorangan dan beregu. Pada ajang internasional ‘Asian Youth Chess Championship 2022’, pria yang akrab disapa Ahmad itu meraih medali emas pada bulan Oktober ini, di Hotel Grand Inna Kuta Bali. Setelah bersaing dengan 400 atlet internasional lain yang terdiri dari 22 negara, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, hingga Mongolia.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus menjelaskan, pertandingan beregu ia menangkan bersama dengan dua atlet catur lain asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam ajang internasional itu, Ahmad bertanding 7 kali dan menggiring Indonesia meraih poin total 13,5. 

“Senang dan bangga bisa mewakili kontingen Indonesia U-18 dan mendapatkan medali emas di ajang Internasional. Ajang ini menjadi salah satu batu loncatan bagi saya untuk meraih prestasi-prestasi selanjutnya,” ungkapnya.

Ahmad mengaku persiapan matang sudah dilakukannya untuk mengikuti ajang yang diselenggarakan federasi catur dunia tingkat asia. Latihan rutin dilakukannya dengan mengikuti berbagai macam kompetisi tingkat kota hingga nasional. Dengan hasil memuaskan, ia berhasil mengharumkan nama Indonesia dan juga Udinus di kancah Internasional.

“Beberapa latihan yang sudah saya lakukan seperti mengikuti pelatnas online dengan Grand Master Susanto Megaranto dan Master Internasional Tirta Chandra. Selain itu saya juga rutin melakukan latihan opening, middle dan ending dalam catur,” ungkap mahasiswa Udinus angkatan 2022 itu.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., turut bangga atas capaian dari atlet catur Udinus di kancah nasional. Udinus mendukung penuh para mahasiswanya berhasil mengharumkan nama Udinus di ajang akademik maupun non-akademik di tingkat nasional hingga internasional.

“Prestasi ini sangat membanggakan dan tentunya mengharumkan Udinus dan Indonesia di kancah internasional. Sarana dan prasarana akan terus kami berikan untuk meningkatkan semangat para atlet dan terus meraih prestasi,” tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram