Previous
Next

LLDIKTI Wilayah VI Selenggarakan Workshop Pelaporan PDDikti Semester Gasal 2021/2022

WhatsApp-Image-2022-05-28-at-6.32.50-AM

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional, serta menjadi salah satu instrument pelaksanaan penjaminan mutu sebagaimana tertuang dalam pasal 56 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Mengingat pentingnya PDDikti, setiap penyelenggara perguruan tinggi wajib menyampaikan data dan informasi penyelenggaraan perguruan tinggi serta memastikan kebenaran dan ketepatannya. Untuk memfasilitasi pelaporan tersebut, pada tahun 2015 dibuatlah sebuah aplikasi PDDikti Feeder, sebuah aplikasi yang menjembatani Perguruan Tinggi dengan PDDikti dalam hal pelaporan penyelenggaraan perguruan tinggi. Pada tahun 2022, PDDikti Feeder berubah menjadi PDDikti Neo Feeder.

Untuk mendukung kelancaran proses pelaporan PDDikti, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI sebagai fasilitator peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop Pelaporan PDDikti Semester Gasal 2021/2022. Workshop diselenggarakan di The Alana Hotel Solo secara luring dan daring (hybrid), Selasa-Rabu (24-25/05).

Kepala LLDIKTI Wilayah VI dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Adhrial Refaddin SIP, MPP dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penyajian data penyelenggaraan pendidikan tinggi, jika tidak disajikan dengan baik, perguruan tinggi bisa dianggap tidak dapat melahirkan lulusan yang dibutuhkan industri. “Ketika data tidak disajikan dengan baik keluarlah kata-kata perguruan tinggi tidak bisa melahirkan lulusan yang diperlukan oleh industri, karena angka pengangguran terdidik tinggi,” ungkapnya.

“Mengisi PDDikti bukan tanggung jawab orang-perorang tetapi lembaga, mohon disampaikan kepada pimpinan perguruan tinggi, karena penting sekali,” pesannya kepada peserta workshop.

“Saya tidak bermaksud membebani Bapak-bapak dan Ibu-ibu di sini, tetapi yang dilakukan bapak dan ibu di sini sangat penting untuk perguruan tinggi Bapak Ibu dan kementerian untuk pengambilan keputusan,” lanjutnya.

“Saya sampaikan apresiasi yang sangat besar kepada Bapak Ibu yang sudah mendedikasikan waktu dan energi dalam mengisai laporan PDDikti ini, apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu, tetap semangat, semoga dilancarkan dalam pelaporan PDDikti Semester Gasal 2021/2022 ini,” kuatnya.

Dalam kegiatan workshop ini dua narasumber dihadirkan. Sugiyamta, M.Kom, narasumber dari Universitas STIKUBANK memaparkan materi Praktik Pelaporan PDDikti, sedangkan Sopingi, M.Kom dari Universitas Duta Bangsa Surakarta memaparkan materi Troubleshooting Neo Feeder dan Webservice.

Workshop Pelaporan PDDikti Semester Gasal 2021/2022 diikuti oleh 220 pengelola PDDikti secara luring dan daring (hybrid).

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram