Previous
Next

USM-Polda Jateng Teken MoU

SEMARANG- Universitas Semarang (USM) dan Polda Jateng melakukan kerja sama dengan manandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia, pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, dan pemanfaatan Forum Kemitraan Polisi, Masyarakat Dan Mahasiswa (FKPMM) di lingkungan USM pada Kamis, 7 April 2022 di Polda Jateng.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kapolda Jateng Drs Ahmad Luthfi SSt MK SH dan Rektor USM Dr Supari ST MT.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Biro SDM Polda Jateng Brigjen Pol Drs Iriansyah SH, Kepala Biro Ops Polda Jateng Kombes Pol Drs Firly Ruspang Samosir MSi, Kabid Kum Polda Jateng Kombes Pol Ari Wibowo SIK MH, Direktur pascasarjana USM Dr Indarto, dan Kaprogdi S2 Magister Hukum USM Dr Kukuh Sudarmanto MH.

Rektor USM Dr Supari mengatakan bahwa dengan adanya MoU ini antara USM dan Polda Jateng saling bergandengan tangan melangkah bersama membangun Jateng pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“USM mempersipakn sumber daya manusia masa depan, termasuk sumber daya manusai di lingkungan kepolisian yang ingin lanjut studi di USM. Peningkatan kompetensi anggota polisi menggunakan fasilitas dan narasumber dari USM, dan kajian regulasi menggunakan sumber daya dari USM,” ungkap Supari.

Supari menambahkan bahwa USM siap memberikan pertimbangan-pertimbangan akademik yang berkaitan dengan tugas pokok, fungsi, dan peran Polda Jateng. USM sudah sejak lama memiiliki Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM).

USM juga selama ini telah menjalin kerja sama dengan kepolisian dalam menyiapkan instrument dalam bentuk soal uji kompetensi kenaikan pangkat yang melibatkan fakultas hukum, psikologi, dan ekonomi.

USM juga memiliki banyak mahasiswa dari anggota kepolisisiam, dengana danya MoU ini makin dikembangkan lagi kajian pusat studi di bawah LPPM yang antar lain akan mengkaji kebijakan kebijakan pemerintah termausk yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Sebelumnya Kapolda Jateng Drs Ahmad Lutfi SSt MK SH sudah beberapa kali mengunjungi USM diantaranyas aat menjadi moderator kuliah umum bersama Menko Polhukam RI yang sekaligus ketua dewan penyantun USM Prof Mahfud MD dan kegiatan vaksinansi di kampus USM.

Seiring visi USM yang berkeindoensiaan, USM siap bersinergi mendukung program kerja Polda Jateng dan USM juga siap mengirim mahasiswa untuk magang di Polda Jateng.
Sementara Kapolda Jateng Drs Ahmad Luthfi mengatakan bahwa Polda siap melaksanakan sinergi bersama USM membangun dan memajukan Jateng dan siap mendukung program USM.

“Kami akan mendukung program USM dan bersinergi dengan Polda Jateng untuk memajukan masyarakat Jawa Tengah,” ungkap Ahmad Luthfi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram