Previous
Next

Semakin Berkualitas, Program Studi PPG UMP raih akreditasi A dan Jalin Kerjasama Riset dengan Prancis

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah, meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Tahun 2021.

Ketua Prodi PPG FKIP UMP Wildan Nurul Fajar mengatakan, bahwa raihan akreditasi “A” merupakan anugrah dari Allah serta hasil kerja keras dari Tim Akreditasi PPG dan segenap civitas akademika di Prodinya yang meliputi dosen, karyawan, mahasiswa dan guru pamong.

“PPG UMP telah terakreditasi A dengan nilai 363. Banyak elemen dari akreditasi kita yang meraih penilaian tinggi dari BAN-PT. Hal ini tentunya telah kita persiapkan dengan matang,” kata Wildan.

Pengakuan ini, menurut Wildan, membuktikan PPG UMP makin dipercaya kualitasnya. Baik dari segi jumlah dosen, mahasiswanya, fasilitas perkuliahan yang menunjang, dan juga capaian prestasi-prestasi selama ini.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, secara keseluruhan, semua program studi di UMP sedang giat-giatnya mempersiapkan diri untuk terakreditasi A.

Dalam perjalanannya, lanjut dia, berbagai prestasi pun telah diraih mahasiswa dan dosen UMP.

“Ini memang menjadi kebijakan kampus. Kami memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati,” katanya.

Ia mengatakan bagi kalangan mahasiswa, berbagai prestasi telah berhasil dicapai, baik melalui berbagai temuan dan inovasi yang dilakukan, berbagai produk teknologi tepat guna telah dihasilkan para mahasiswa.

Rektor mengatakan dalam penyelenggaraan pendidikan di masing-masing prodi, pihaknya menekankan agar setiap fakultas atau prodi memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing.

“Untuk itu, setiap tahun kami berikan hibah pada setiap fakultas untuk membuat program untuk mempertajam keunggulan masing-masing,” ujar Rektor.

Kerjasama Riset dengan Prancis

Selain Raihan akreditasi di atas, UMP juga terus mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi di luar negeri. Kerjasama terakhir yang dilakukan, antara lain dengan Center for International Cooperation in Agricultural Research for Development (CIRAD), Prancis.

Penandatanganan naskah kerjasama CIRAD Prancis dengan UMP berlangsung di kampus UMP dengan dihadiri langsung oleh Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Kepala Biro Urusan Internasional Condro Nur Alim PhD, Prof Sisunandar, dan para dekan pada Selasa (20/04).

Kepala Biro Unrusan Internasional Condro Nur Alim menjelaskan CIRAD France adalah lembaga dari pemerintah Prancis untuk agricultural. Meskipun demikian kerjasama tidak hanya untuk bidang agricultural farietas kelapa kopyor melainkan bisa untuk agricultural yang lain.

“Untuk kerjasama UMP sejauh ini hampir di seluruh Asia, Eropa, dan Australia. Kita memiliki sekitar 160 MoU dan itu Alhamdulillah mayoritas aktif semua, kita turunkan menjadi MoA dalam kegiatan-kegiatan lainnya,” jelas Condro.

Lebih lanjut Condro mengatakan, kerjasama yang dilakukan UMP dengan berbagai negera di luar negeri meliputi bidang penelitian, pertukaran pelajar, publikasi, dan pengabdian masyarakat.

“Kita harapkan dengan adanya kerjasama UMP dengan berbagai negera di luar negeri, UMP semakin maju. Dengan kegiatan internasionalisasi bisa mendorong UMP memiliki reputasi internasional, kerana sudah banyak mitra-mitra internasionalnya juga,” jelasnya.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan UMP akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan universitas-universitas terbaik di beberapa negara, terutama dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di UMP. ”Melalui kerjasama ini, kualitas pendidikan UMP akan dapat di tingkatkan melalui berbagai kegiatan yang sudah dikerjasamakan,” pungkasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram