Previous slide
Next slide

Gunakan Smartphone, Dosen USM Latih UMKM Food Photography

Pada era digital saat ini, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut kreatif dan inovatif dalam pemasaran produk agar dapat diterima oleh target konsumen yang lebih luas. Perkembangan bisnis kuliner membuat para pelaku UMKM yang bergelut di bidang kuliner harus mencari inovasi produk dengan cara melakukan pemasaran dan penjualan secara online dan digital. Salah satu yang diperlukan dalam kegiatan promosi dan penjualan online adalah foto produk dalam dunia kuliner biasa disebut dengan food photography. Dengan kualitas foto yang menarik dan estetik tentunya dapat memberi dampak yang efektif dalam proses pemasaran.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melalui program Pengabdian kepada masyarakat berusaha memberi kegiatan pengembangan ketrampilan bagi pelaku UMKM yang tergabung di Komunitas Partner Gofood lewat kemampuan pengolahan fotografi kuliner atau food photography dengan menggunakan kamera smartphone yang dilaksanakan pada Sabtu, (27/3) di gedung Q FTIK USM, dengan total 13 peserta.

Citra Safira, ketua Tim Pengabdian menjelaskan bahwa pelatihan food Photography ini sangat penting untuk para anggota pelapak gofood guna meningkatkan citra visual yang menarik agar dapat menjangkau perhatian calon konsumen melalui aplikasi online.

Sulis salah satu peserta dalam pelatihan memaparkan bahwa fotografi kuliner sangat bermanfaat dalam proses pemasaran produk melalui aplikasi online dan ia berharap bahwa pelatihan ini dapat memberi impak positif di usahanya. “Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut di periode selanjutnya, karena acara seperti ini sangat bermanfaat bagi UMKM khususnya di bidang kuliner,” ujar Novi, salah satu peserta.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Fajriannoor Fanani berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut ditengah pandemi seperti ini, ilmu seperti ini terntunya akan sangat diperlukan. Selain berbagi ilmu dengan masyarakat, USM juga turut berkontribusi untuk memberikan pengabdian langsung kepada masyarakat.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram