Previous slide
Next slide

FTI Unissula Exchange Lecture dengan San Pedro Filipina

Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula, Bagus Satrio Waluyo Puetro SKom MCs mengikuti program faculty exchange lecture, sekaligus menjadi pembicara utama dalam Webinar yang dilaksanakan pada Jumat (4/12) yang lalu. Webinar dihadiri oleh hampir 100 Mahasiswa San Pedro College, Davao City, Filipina dari Arts & Science Department secara virtual menggunakan Zoom.

Bagus mengangkat topik cyber crime and cyber issues in  education. Dosen prodi Teknik Informatika tersebut memaparkan beberapa potensi cybercrime dalam dunia pendidikan. Menurutnya lima potensi besar tersebut adalah Phishing, DDos, Data Breach, Ransomware dan IoT Vulnerabilities.

Beberapa langkah pencegahan juga ia jelaskan secara gamblang salah satu pencegahan atas potensi serangan tersebut adalah minimal menggunakan dual factor authentication pada setiap akun digital yang kita miliki, baik akun gmail maupun akun lainnya.

Faktor yang kadang menjadi celah dalam dunia siber adalah human factor atau faktor manusia itu sendiri. “Terkadang user membuat password dari tanggal lahir mereka atau juga kadang secara sadar meminjamkan akun mereka kepada teman atau keluarganya pada saat kebutuhan mendadak” ungkap Bagus.

Program faculty exchange lecture ditutup tanggal 11 Desember 2020 dengan beberapa kampus antara lain Daffodil International University, University of Hawaii, Sigillum Universitatis Kansaiensis, Binawan University dan lainnya.

Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati MSi menjelaskan, bahwa dalam timeline program Kantor Kerjasama Internasional Unissula salah satunya adalah faculty exchange lecture. Program tersebut yaitu mengirimkan dosen untuk mengajar atau memberikan kuliah umum dengan beberapa kampus di luar negeri.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram