Previous slide
Next slide

Kebidanan Unissula Cetak Quartrik lulus 100% UKBI

Prodi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unissula berhasil meraih kelulusan 100% pada Uji Kompetensi Bidan Indonesia (UKBI). Sebelumnya mereka menjalani tes pada 7-9 November 2020.

Kaprodi D3 Kebidanan Machfudloh SSit MHKes menjelaskan prestasi tersebut merupakan yang keempat secara berturut turut. “Alhamdulillah empat tahun berturut turut D3 Kebidanan Unissula berhasil meraih kelulusan UKBI 100%, hal itu mengindikasikan proses belajar mengajar yang sangat baik dan semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat”, ungkapnya.

UKBI yaitu proses pengukuran pengetahuan, keterampilan dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Adapun tujuan ujian tersebut adalah menyaring tenaga kesehatan (bidan) yang kompeten, standarisasi registrasi dan izin praktik bidan, serta  untuk mengukur mutu pendidikan.

Lebih lanjut Machfudloh menjelaskan bagaimana proses pendidikan di D3 Kebidanan Unissula agar bisa lulus ujian kompetensi adalah sejak awal pendidikan, mahasiswa sudah dibiasakan menghadapi soal-soal yang setara dengan soal pada uji kompetensi.

“Setiap soal tidak sekedar pertanyaan dengan jawaban berupa hafalan namun lebih ke arah analisis kasus, sehingga jika tidak mendalami dan mencermati dengan baik bisa keliru dalam menjawabnya”, tambahnya.

Selain itu mahasiswa sudah terbiasa mengerjakan soal – soal try out yang diselenggaran prodi dengan soal- soal yang sudah terstandar uji kompetensi. Pembekalan oleh dosen – dosen yang ahli juga diberikan mendekati ujian untuk memberikan penekanan kembali materi- materi kritis dalam kasus kebidanan.

Pandemik tidak menghalangi pembelajaran di D3 kebidanan karena pembekalan maupun try out dilakukan secara daring melalui sistem yang dimiliki Fakultas Kedokteran Unissula.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram