Previous
Next

Soft Launching Sistem LLDIKTI Wilayah VI

WhatsApp Image 2020-11-30 at 11.14.53 AM (1)

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah secara resmi meluncurkan sistem LLDIKTI Wilayah VI. Peluncuran ini dilaksanakan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pimpinan PTS dan Soft Launching Sistem LLDIKTI Wilayah VI yang dilakukan di Patra Semarang Hotel & Convention, pada Jumat (27/11).

Kegiatan rapat koordinasi ini turut dihadiri para pimpinan Perguruan Tinggi Swasta yang bergabung secara daring, serta tamu undangan yang hadir secara luring, dengan sebelumnya melakukan rapid tes, serta mematuhi protokol kesehatan.

Peluncuran sistem LLDIKTI Wilayah VI bertujuan mengoptimalkan kinerja dan layanan LLDIKTI Wilayah VI sekaligus memenuhi standar di era keterbukaan informasi publik.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Dr Lukman ST MHum melaporkan peta perguruan tinggi di Jawa Tengah dalam bentuk statistik perguruan tinggi baik dari segi jumlah, persebaran wilayah dan status akreditasi.

“Ini adalah komitmen untuk memfasilitasi akreditasi perguruan tinggi, kita sama-sama maju demi pendidikan tinggi di Jawa Tengah. Kami berupaya agar standar nasional perguruan tinggi di Jawa Tengah bisa terpenuhi,” terang Dr Lukman.

Selanjutnya Dr Lukman melaporkan sumber daya dosen dan mahasiswa LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah serta klasterisasi perguruan tinggi yang merupakan pekerjaan rumah, sekaligus tantangan lima tahun ke depan untuk meningkatkan budaya penelitian dan pengabdian masyarakat. Dr Lukman juga menargetkan dua tahun ke depan untuk memfasilitasi jenjang jabatan fuungsional dan sertifikasi dosen dengan mempermudah proses pengusulan.

“Kami akan melaunching LLDIKTI Wilayah VI Reborn yang terdiri dari tiga sistem. Sistem website baru, dashboard perguruan tinggi Jawa Tengah, dan Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,” kata Dr Lukman.

Secara lebih rinci sistem ini terdiri dari,

  1. Sistem website baru LLDIKTI Wilayah VI di https://lldikti6.kemdikbud.go.id/ yang lebih responsif dan informatif dan akan terus disempurnakan dengan pelayanan satu pintu.
  2. Sistem dashboard Peta Perguruan Tinggi Jawa Tengah yang menyediakan kondisi kelembagaan, sumber daya dan mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Tengah yang bisa dilihat publik sekaligus menjadi promosi perguruan tinggi.
  3. Sistem dashboard Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat beserta dampaknya di Perguruan Tinggi Jawa Tengah (https://sinta.lldikti6.id/) yang bekerja sama dengan Kemenristek/BRIN.

“Semua sistem pengembangan ini tentunya melalui proses yang panjang dan dilaksanakan secara sistematik, oleh karena itu penghargaan setinggi – tingginya yang melebarkan dasar pondasi itu adalah Prof DYP Sugiharto, sehingga ini merupakan peninggalan monumental dari beliau,” jelas Dr Lukman.

Selanjutnya Dr Lukman mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak internal dan eksternal LLDIKTI Wilayah VI yang telah membantu pengembangan sistem baru LLDIKTI Wilayah VI agar ke depannya bisa memberikan pelayanan yang optimal.

Sebagai penutup, Dr Lukman mengajak perguruan tinggi untuk bersama – sama mendorong jejang jabatan dan sertifikasi dosen serta meningkatkan budaya penelitian, selain itu Dr Lukman berharap dengan diluncurkannya sistem LLDIKTI Wilayah VI bisa memberikan manfaat terutama untuk perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram