Previous slide
Next slide

UMS Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS World University Rankings

QS World University Rankings kembali mengumumkan daftar perguruan tinggi (universitas) terbaik di dunia tahun 2021. Dilihat dari akun resmi instagram QS World University Rankings, @topunis, menyebutkan Universitas Muhamamadiyah Surakarta (UMS) masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia bersama dengan kampus-kampus terkemuka lainnya di tanah air.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masih eksis bertengger di antara perguruan tinggi negeri tersohor di Indonesia. Berikut 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings :

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. Universitas Bina Nusantara (UBINUS)
  8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  10. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Menyikapi hasil pemeringkatan QS World University Rankings tersebut, Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif mertasa bangga dan sekaligus meningkatkan rasa bersyukur karena sejauh ini UMS masih mendapat kepercayaan dari masyarakat dan menunjukkan kualitas yang tidak kalah dengan kampus-kampus besar di tanah air.

“Ini bukti bahwa pengelolaan kampus ini pada jalur yang benar dengan terus menjaga kualitas sehingga kepercayaan masyarakat masih tinggi. Di usia UMS yang memasuki 62 tahun, UMS makin mendapatkan trust dan recognize di hati masyarakat. Sehingga kami optimis bahwa UMS akan menjadi world class university di masa mendatang,” ujar Rektor.

Secara institusi, kualitas akademik UMS sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kemudian dari 60 program studi yang dimiliki UMS, sudah 60 persen lebih prodi terakreditasi A.

QS World University Rankings yang diluncurkan sejak tahun 2004, dan dikelola oleh Quacquarelli Symons, merupakan lembaga layanan analisa internasional di sektor pendidikan, dan lembaga pemeringkatan paling populer di dunia dalam membandingkan kualitas masing-masing perguruan tinggi.

Sejumlah universitas terbaik di Indonesia berhasil masuk jajaran rangking dunia. Hanya saja jumlah universitas terbaik Indonesia di QS World University Rankings 2021 berkurang dibandingkan dengan QS World University Rankings 2020.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram