Previous slide
Next slide

Jadi Profesor Jangan Seperti Pohon Pisang

Keberhasilan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang melahirkan tiga Profesor dalam setahun mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Direktur Karier dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti Prof. Dr. Bunyamin Maftuh saat hadir di acara Pengukuhan Guru Besar Rektor Untag Prof. Dr. Suparno  dan Wakil Rektor IV bidang Kerjasama Prof. Dr. Retno Mawarini Sukmariningsih yang berlagsung di kampus Bendan Dhuwur, Sabtu (14/9) mengatakan, jarang sekali PTS dapat menghasilkan Profesor dalam satu tahun tiga orang. Ini adalah bukti bahwa Untag Semarang telah melakukan kerja keras untuk mendorong dosennya mencapai jabatan akademik tertinggi.

“Semoga para dosen di perguruan tinggi lain juga dapat mendorong dosennya untuk menjadi Profesor. Kami saat ini sedang memiliki program percepatan Profesor untuk memberikan kemudahan layanan proses pengusulan.” harap Prof. Dr. Bunyamin

Ia menambahkan, meskipun terdapat program percepatan, namun tetap harus memenuhi ketentuan akademik sesuai dengan regulasi yang berlaku. Maknanya, tidak berarti dipermudah atau diturunkan kualitasnya, karena terkait akan publikasi di jurnal internasional bereputasi adalah sebuah syarat mutlak yang menjadi keharusan, disamping harus meraih angka kredit minimal 850 kum.

Dijelaskan, bagi Profesor yang tidak aktif atau tidak berkarya ada wacana untuk pemotongan tunjangan kehormatan Profesor yang rencana akan diaplikasikan pada tahun ini. “Akan kami lihat nanti Profesor-Profesor yang pasif atau tidak produktif dimana selama tiga tahun tidak berkarya, kemungkinan akan ada pemotongan tunjangan kehormatan.” tegasnya

Kepada kedua Profesor yang baru saja dilantik Prof. Dr. Bunyamin mengingatkan, bahwa jabatan Profesor bukan tujuan terakhir. “Pesan saya, jadi Profesor jangan seperti  pohon pisang, dimana sekali berbuah sudah selesai. Pada prinsipnya Profesor harus produktif melakukan penelitian, menulis buku, menghasilkan karya ilmiah.” sarannya.

Tampak hadir dalam acara Pengukuhan, yakni Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Dr. Totok Prasetyo, B.Eng.,M.T, Kepala LLDIKTI VI Prof. Dr. DYP. Sugiharto.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram