Previous slide
Next slide

Gandeng Brayat Agung Pendidikan Tinggi Jateng, LLDIKTI 6 Meriahkan Festival Merdeka Belajar 2024

Magelang – Gelaran Festival Merdeka Belajar 2024 di wilayah Jawa Tengah sukses digelar pada 24-26 Mei lalu. Berpusat di Taman Aksobya Kawasan Museum Cagar Budaya Warisan Dunia Borobudur, Magelang, rangkaian acara ini berhasil memukau ribuan pengunjung. (Baca berita Festival Merdeka Belajar 2024 selengkapnya disini: Berita). Rangkaian Festival Merdeka Belajar 2024 ini diselenggarakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah bersama satker Kemendikbud Ristek lainnya di wilayah Jawa Tengah, termasuk LLDIKTI6.

Kepala BBPMP Provinsi Jawa Tengah Nugraheni Triastuti mengatakan, adanya pameran ini pihaknya ingin memperlihatkan ke masyarakat hasil dari implementasi program merdeka belajar yang telah telah diterapkan oleh pemerintah daerah maupun aturan pendidikan khususnya di Jateng. “Kita ingin mmpublikasikan hasil merdeka belajar yang sudah terimplementasi. Ini tidak lepas dari mitra pembangunan dengan seluruh UPT dan perguruan tinggi,” tutur Nugraheni.

Dalam gelaran ini, LLDIKTI6 turut serta menyemarakkan booth peserta pameran dengan menggandeng sejumlah 6 perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, untuk menampilkan hasil karya MBKM, berbagai produk unggulan dan karya inovatif yang dihasilkan oleh kampus masing-masing. PTS yang turut bergabung diantaranya: (1) Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, menampilkan karya inovatif diantaranya Robot Gamelan Sekar Nuswantoro, Robot Catur ROCAKU, hingga Becak Listri BECAK-KU dan virtual reality Borobudur; (2) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, yang mengisi acara dengan penampilan 4 tarian etnis dari UKM Indonesia Mini dan memeriahkan stand dengan board game serta produk inovasi teknologi pangan; (3) Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata menerjunkan paduan suara terbaik Gratia Choir SCU yang telah meraih prestasi tingkat internasional, serta memamerkan inovasi sistem aplikasi pembuat desain batik menggunakan AI; (4) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), berpartisipasi dengan mengirimkan UKM Seni Karawitan yang menghibur audiens sejak pembukaan acara di Grand Artos hingga penampilan di panggung utama, serta booth UKM Jamu Tradisional; (5) Universitas Pekalongan (UNIKAL) turut memeriahkan stand batik tulis dan pameran karya batik unggulan; (6) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal turut memamerkan karya unggulan kreasi mahasiswa berupa mobil balap listrik, perahu penyiram bawang dan produk herbal farmasi.

Kepala LLDIKTI6 Bhimo Widyo Andoko dalam kesempatan pembukaan acara menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan perguruan tinggi swasta unggulan di lingkungan LLDIKTI6 pada event kali ini. “Tentu saja kita harus menunjukkan semangat MBKM yang telah dieksekusi dengan sangat baik oleh PTS di lingkungan kita melalui pameran produk inovatif dan penampilan mahasiswa. Ini menunjukkan konsistensi PTS di Jawa Tengah atas riset dan inovasi yang tidak pernah berhenti, sehingga masyarakat dapat menyaksikan sendiri bahwa karya perguruan tinggi yang patut kita apresiasi.” tutur Kepala LLDIKTI.

Festival dan pameran yang berlangsung selama 2 hari ini menarik minat pengunjung baik dari kalangan pengunjung Borobudur, siswa SD-SMP-SMA se kota dan kabupaten Magelang, serta masyarakat umum. Tampak antusiasme pengunjung stand LLDIKTI6 turut mencoba berbagai wahana seperti robot catur, VR Borobudur, belajar membatik serta interaksi tentang produk dan inovasi yang dihasilkan kampus swasta di Jawa Tengah ini. (Humas/LL6)

Foto Galeri:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram