Previous slide
Next slide

Gelar Wisuda Ke-40, UNIMUS Luluskan 552 Wisudawan

Suasana gelaran Wisuda ke-40 Universitas Muhammadiyah Semarang (Foto: Humas UNIMUS)

Semarang – Sebuah perjalanan pasti akan ada akhirnya, sama halnya seperti pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa pada bangku perkuliahan. Dengan berbagai perjalanan yang dilewati, semua yang diusahakan pasti akan berbuah manis atau pahit, tergantung dari seberapa besar usaha yang telah dilakukan. Akhir dari perjalanan kuliah yang telah dilaksanakan yaitu adalah saat dimana mahasiswa lulus dan diwisuda. Hal tersebut juga yang telah dirasakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UNIMUS dengan dipimpin oleh ketua senat dan sekaligus Rektor Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd, menyelenggarakan upacara Wisuda yang ke 40, pada hari Selasa (20/6/2023) dan dihadiri oleh Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Mahful Sholihin, Ph.D., Ak., CA., CPA.; Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unimus, Ir. Heru Isanawan, M.M.; Ketua IKAMUS Didik Suwarsono; para Kepala Sekolah SMK/SMAN di kota Semarang, orang tua dan wali Wisudawan. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., turut hadir dan memberikan sambutan secara virtual.


Pada wisuda ke 40 ini Unimus meluluskan sebanyak 552 orang yang terdiri dari 111 lulusan Profesi (dokter, dokter gigi, bidan dan profesi Ners), 361 lulusan program Sarjana, 22 lulusan program Pascasarjana dan 58 lulusan Diploma, maka dengan bertambahnya jumlah lulusan tersebut maka sampai dengan saat ini Universitas Muhammadiyah Semarang telah meluluskan sebanyak 18466 orang.

Berdasarkan indikator prestasi yang diperoleh maka dari diantara 552 wisudawan telah ditetapkan 9 wisudawan terbaik dari 9 program studi. Adapun lulusan terbaik setiap program studi sesuai Keputusan Rektor nomor: 251/UNIMUS/SK.EP/2023 sebagai berikut S2 Keperawatan Agung Laksana Hendra Pamungkas dengan IPK 4,00, S1 Ilmu Gizi Dyan Restu Ningsih dengan 3,93, S1 Teknologi Pangan Lisa Cyntia Damayanti dengan IPK 3,93, S1 Pendidikan Matematika Adeta Amalitha dengan IPK 3,87, S1 Teknik Mesin Lalang Laselang dengan IPK 3,55, S1 Manajemen Suryani Handayani dengan IPK 3,80, S1 Akuntansi Dina Ermawati dengan IPK 3,94, S1 Pendidikan Bahasa Inggris Riska Rahmawati dengan IPK 3,90, dan S1 Kedokteran Harris Shafriansyah dengan IPK 3,76.

“Kepada para mahasiswa Unimus setelah dari wisuda ini saya harap dapat lebih mengembangkan kompetensi diri pada profesi yang telah diperoleh pada program studi masing – masing. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pada nilai – nilai keagamaan yang telah di berikan untuk menghadapi era digital yang semakin kompleks seperti saat ini. Dengan adanya nilai keagamaan itu lulusan akan menjadi orang yang berilmu dan bijak dalam menghadapi masalah Ketika sudah terjun langsung ditengah masyarakat, sehingga dapat menggeluti profesi dengan sebaik – baiknya secara professional, dan juga bisa berkontribusi pada perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara” ucap Prof. Masrukhi.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI turut mengucapkan ucapan Selamat dan Apresiasi kepada seluruh jajaran civitas UNIMUS atas terselenggaranya seremoni wisuda ini. Dan khususnya kepada para wisudawan, Bhimo menyampaikan agar sebagai insan muda harapan bangsa yang telah lulus pendidikan formal tertinggi dan siap untuk terjun ke masyarakat, para wisudawan diharapkan mampu menjadi sosok-sosok yang pro-aktif dan senantiasa mengambil inisiatif dalam setiap kesempatan. “Dunia terus berubah dengan cepat. Jadilah terbuka terhadap perubahan dan siap untuk mengadaptasi diri, serta tidak berdiam diri menanti nasib baik menghampiri. Doa dan Upaya harus selalu diselaraskan dengan aktifitas positif setiap hari.” ujar Bhimo.

Sementara itu di sela kegiatan kepada awak media Prof. Masrukhi juga menyampaikan pencapaian – pencapaian yang telah di lakukan oleh Unimus, salah satunya dengan rencana yang akan di laksanakan pada bulan September 2023 nanti yakni pembukaan atau launching Rumah Sakit Pendidikan (RSP), yang nantinya ditujukan sebagai rumah sakit Pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Unimus, dimana untuk saat ini (Juli 2023) progres pembangunan telah mencapai 90 %. Maka dengan ini Unimus telah memiliki 2 Rumah Sakit Pendidikan yakni RSGM atau Rumah Sakit Gigi Mulut yang sudah terakreditasi unggul serta telah disahkan oleh Kemenkes sebagai Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Gigi, dan Rumah Sakit Pendidikan untuk Fakultas Kedokteran Unimus. (humas/UNIMUS)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram