Previous slide
Next slide

LLDIKTI Wilayah VI Gelar Coaching Clinic dalam Rangka Meningkatkan Peran Humas di Era Digital dan Society 5.0

Sukoharjo – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI mengadakan Coaching Clinic Angkatan III pada tanggal 24-25 September 2024. Acara yang mengangkat tema “Peran Humas di Era Digital & Society 5.0”, diadakan di Hotel Grand Mercure Solo Baru. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 34 humas dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Jawa Tengah.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Dr. Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., membuka acara dengan sambutan yang membahas betapa pentingnya peran humas dalam era digital yang terus bergerak dengan pesat. “Humas berperan krusial dalam menghubungkan perguruan tinggi dengan masyarakat. Pengelolaan media sosial yang tepat dan responsif akan mendukung pencapaian target kinerja institusi,” ungkap Bhimo dalam sambutannya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya, dimulai dengan Rachmat Widhia dari PT Metra Digital Media. Dalam sesinya, Rachmat membawakan materi bertajuk “Connecting Dots through Social Media” yang berfokus pada dasar-dasar pemasaran secara digital. Ia menjelaskan bahwa pemanfaatan media sosial sangat penting dalam mengelola citra suatu perguruan tinggi.

Materi kedua dibawakan oleh Kepala Humas dan Protokoler Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Dwi Utaminingsih, S.Kom., M.M. Beliau memaparkan pengalaman terbaik dalam pengelolaan humas di perguruan tinggi, termasuk penanganan crisis management dan tips untuk meningkatkan interaksi di media sosial. “Krisis dalam pengelolaan media sosial bisa terjadi kapan saja, namun dengan strategi yang tepat, reputasi institusi bisa tetap terjaga,” jelasnya dalam sesi diskusi.

Pada sesi terakhir, motivator Eko Suseno Hendro Riyadi Matruty, S.E., M.M., membawakan materi mengenai pengembangan kapasitas insan humas yang humanis serta berkarakter. Melalui materi yang ia sampaikan, Eko berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menanamkan sifat, karakter, diikuti dengan pembentukan pola pikir yang sehat dan berkualitas. Selebihnya, motivator yang dikenal dengan sebutan Mas Eko, membagikan tips kepada para audiens untuk menjadi humas yang baik melalui metode karakter dan kompetensi.  Diskusi berlangsung interaktif lengkap dengan canda dan tawa dari para peserta. Antusiasme tinggi terlihat sepanjang acara, diikuti dengan tekad peserta untuk terus meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan era Society 5.0. Acara ini diharapkan dapat menjadi titik awal peningkatan kualitas humas PTS di provinsi Jawa Tengah, dengan bekal pengetahuan yang lebih mendalam tentang strategi komunikasi di era digital.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram