Previous slide
Next slide

STIE Totalwin melaksanakan penerjunan mahasiswa KKU (Kuliah Kerja Usaha) di Kabupaten Kendal

Kendal – Pada tanggal 2 September 2024, STIE Totalwin melaksanakan penerjunan mahasiswa KKU (Kuliah Kerja Usaha) di Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Penerjunan mahasiswa dipimpin langsung oleh Ketua STIE Totalwin yaitu Dr. Hasan Abdul Rozak, S.H., CN., M.M. didampingi oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM) STIE Totalwin yaitu Dhian Andanarini Minar Savitri, S.E., M.M serta Kepala Unit Pengabdian kepada Masyarakat LPPM STIE Totalwin yaitu Astohar, S.E., M.M. Adapun  diterima oleh Sekretaris Camat Brangsong yaitu Dr. Setyadi Pujiharto, M.M.

KKU adalah program yang disusun oleh akademik dan LPPM sebagai lembaga yang membawahi bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. KKU STIE Totalwin tahun 2024 ini terdiri dari 8 kelompok yang akan diterjunkan di 4 desa di Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Adapun 4 desa tersebut adalah Desa Purwokerto, Desa Turunrejo, Desa Tunggul Sari dan Desa Sumur.

Pada tahun ini, mahasiswa yang diterjunkan untuk mengikuti program KKU sebanyak 40 orang dari program studi manajemen dan akuntansi, yang terbagi menjadi 8 kelompok. Ada 2 kelompok di masing-masing desa dan akan dibimbing oleh satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). DPL desa Purwokerto adalah Anisa Kusumawardani, S.E., M.Si. DPL Desa Turunrejo adalah Eka Yulianti, S.E., M.M., DPL Desa Sumur adalah Abdullaah, S.E., M.M., dan DPL Desa Tunggul Sari adalah Andi Kartika, S.E., M.M., AK, CA.

Kuliah Kerja Usaha adalah bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Kuliah Kerja Usaha langsung menyasar pada kebutuhan pelaku usaha dalam hal ini adalah UMKM. Mahasiswa peserta KKU akan melakukan pendampingan pada program-program yang mereka terapkan untuk membantu kemajuan UMKM.

Adapun program-program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa pada KKU tahunn 2024 ini sesuai dengan tema yang diusung, yaitu “Kepedulian Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan UMKM”. Program-program tersebut antara lain adalah sosialisasi pengurusan ijin seperti PIRT, penerbitan NIB, sosialisasi pengisian dokumen sertifikasi halal, sosialisasi kelengkapan dokumen untuk pengajuan ijin BPOM, pelatihan inovasi produk, pelatihan inovasi kemasan, pelatihan e-commerce, pelatihan digital marketing, pelatihan digital laporan keuangan, dll.

Sedangkan program individu yang dilaksanakan pada kegiatan sosial kemasyarakatan seperti bimbingan belajar untuk anak-anak SD di sekitar lokasi tinggal mahasiswa KKU, membantu pembelajaran di SD yang ada di desa tersebut, membantu kegiatan administratif di kantor desa.

Program KKU STIE Totalwin di 4 desa di Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal ini berlangsung mulai tanggal 2 September 2024 sampai tanggal 2 Oktober 2024. (Berita dan Foto : Humas STIE Totalwin)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram