Previous slide
Next slide

Kolaborasi LLDIKTI VI dan BNN Jateng Bersama PTS: Implementasi Nyata Kampus Merdeka Mandiri

Foto Bersama: LLDIKTI6 – BNN Prov Jawa Tengah – STIKES Kesdam IV Diponegoro – STIKES Telogorejo dalam Pembekalan KKN Tematik (11/09/24)

Semarang – Sebagai pilot project implementasi Kampus Merdeka Mandiri (KMM), LLDIKTI Wilayah VI tak berhenti melaksanakan fasilitasi berbagai program dan kegiatan. Seperti yang dilaksanakan pada Rabu (11/09/2024), bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu mitra strategis MBKM di Jawa Tengah, LLDIKTI mendampingi dan memberi pembekalan kepada STIKES Kesdam IV/Diponegoro dan STIKES Telogorejo. Pada kesempatan ini, 2 PTS bidang kesehatan terkemuka di kota Semarang tersebut melepas sejumlah mahasiswanya untuk KKN di BNN Jateng.

Mewakili Kepala LLDIKTI6, dalam pengantarnya Kepala Bagian Umum Adhrial Refaddin, S.IP., MPP., menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kesediaan BNN Prov Jateng untuk bersinergi serta memfasilitasi kesempatan KKN ini. “LLDIKTI6 berkomitmen untuk terus mengawal pelaksanaan MBKM, khususnya dengan menginisasi platform Bursa Kampus Merdeka Mandiri (KMM).” tutur Adhrial. Lebih jauh ia menjelaskan platform Bursa KMM ini dibentuk untuk menjembatani antara perguruan tinggi swasta di lingkungan Jawa Tengah dengan Mitra dari dunia industri, dunia usaha, pemerintahan dan BUMN. Terdapat 9 program unggulan yang tersedia di Bursa KMM, salah satunya Kahanan (Kegiatan Mahasiswa untuk Kemanusiaan) yang pada kesempatan ini diimplementasikan melalui kegiatan KKN tematik. Target utama Bursa KMM ini adalah membentuk suatu ekosistem MBKM Mandiri yang nantinya akan membantu upaya perguruan tinggi dalam meningkatkan kompetensi dan relevansi lulusannya.

“Harapan kami, nanti adik-adik mahasiswa yang akan KKN di BNN Prov Jateng ini dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dan akan mendapatkan pengalaman di luar kampus, serta mampu mengatasi permasalahan yang terjadi langsung berhadapan dengan kasusnya di lapangan. Sehingga akan memperoleh pembelajaran yang positif.” tutup Adhrial.

BNN Provinsi Jawa Tengah menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Dalam sambutan selamat datang sekaligus membuka acara, Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen. Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum., menyampaikan kesediaan dan keterbukaan BNN Jateng atas kontribusi dan partisipasi seluruh kalangan dalam mendukung program kerja BNN, khususnya dukungan dari unsur perguruan tinggi. “Kami memberi apresiasi atas kerjasama BNN Jateng dengan LLDIKTI 6 pada kegiatan ini. Selaras dengan tema tahun ini yaitu “Bergerak Bersama Melawan Narkoba, Mewujudkan Indonesia BERSINAR (Bersih dari Narkoba).” ungkapnya.

Lebih jauh, Kepala BNN Jateng berharap para mahasiswa KKN ini dapat menjadi penggiat, baik dengan mendampingi masyarakat yang terjerat narkoba dalam wujud rehabilitasi, juga dapat sebagai perwakilan BNN di masyarakat khususnya jika ada indikasi penyalahgunaan narkoba di masyarakat. “Mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran terbaik untuk para mahasiswa khususnya sebagai bekal langkah pengabdian selanjutnya di masyarakat setelah nanti lulus dari perkuliahan.” tutup Brigjen Pol. Agus Rohmat.

Pada kesempatan ini, STIKES Kesdam IV Diponegoro mengirimkan sejumlah 7 mahasiswa dari program studi S1-Fisioterapi, sedangkan STIKES Telogorejo Semarang mengirimkan sejumlah 4 mahasiswa program studi S1-Keperawatan. Seluruh mahasiswa mendapatkan pembekalan awal selama 2 hari meliputi pengenalan program kerja dan tupoksi BNN khususnya program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), meliputi kebijakan, strategi nasional dan literasi hukum. Selanjutnya mahasiswa turut dibekali dengan pengantar dasar Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Program KKN tematik ini akan berjalan selama kurang lebih 3 bulan, dimana para mahasiswa akan ditempatkan sesuai dengan relevansi keilmuan yang dimiliki serta didampingi oleh dosen dan mentor dari BNN Provinsi Jawa Tengah.

(Humas/LLDIKTI6)

Foto Galeri:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram