Previous slide
Next slide

Sinergi Hebat! Biro Humas UMS Belajar dan Kolaborasi dengan UDINUS Semarang

Surakarta – Dalam rangka mempersiapkan Anugerah Humas DIKTIRISTEK 2024, Biro Humas dan Perangkingan (BHP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kunjungan studi banding ke Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, Senin (8/7/24).

Kunjungan ini diawali dengan ramah tamah antara humas UMS, UDINUS, dan Tim Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah. Budi Santoso, Kepala Bagian Humas dan Media UMS, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Humas UMS untuk belajar dan beradaptasi dalam persiapan Anugerah Humas DIKTIRISTEK (AHD) 2024. “Kedatangan kami selain untuk ngangsu kawruh dan belajar, juga untuk melakukan kolaborasi dengan UDINUS, sebagai upaya maju bersama,” tegas Budi Santoso.

Kepala Humas dan Protokoler UDINUS, Dwi Utaminingsih, menyambut baik kedatangan Tim UMS. “Ini suatu kehormatan bagi kami yang dikunjungi oleh UMS. Kunjungan ini seperti berkunjung ke anak-anaknya karena usia UMS tiga kali lipat lebih tua dari UDINUS,” ungkapnya. Dwi Utaminingsih juga menyatakan bahwa bulan depan, Tim Humas UDINUS akan berkunjung ke UMS untuk melanjutkan kolaborasi ini.

Ketua Tim Humas LLDIKTI Wilayah VI, Aditya Tegar Satria, menyambut baik kegiatan ini. “Alhamdulillah kita dapat bersama-sama berkumpul di UDINUS dalam rangka mendampingi UMS melakukan studi banding ke beberapa kampus. Ini menjadi kebanggaan kami untuk mempersiapkan AHD 2024 dengan lebih maksimal. Terima kasih atas dukungan dan kolaborasinya,” ujar Aditya Tegar.

Aditya Tegar juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2021, LLDIKTI Wilayah VI mendapatkan 4-5 penghargaan dalam ajang AHD. Namun, pada tahun 2022 tidak ada ajang penghargaan tersebut. “Pada tahun 2023, kami berfokus pada merekatkan sinergitas dan kolaborasi humas di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Humas harus berkolaborasi, bukan saling senggol tetapi saling maju bersama-sama,” terangnya.

Menurutnya, target pada tahun 2023 adalah memperkuat kolaborasi antarhumas PTS. “Kami melihat UMS dan UDINUS mampu berkembang dengan dukungan dari berbagai pihak dan menunjukkan semangat bersinergi. Kami belajar terkait pengelolaan humas dan terfasilitasi dengan baik,” tambah Aditya Tegar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing terkait evaluasi dan strategi yang akan dilakukan untuk Anugerah Humas DIKTIRISTEK 2024. Dalam diskusi ini, peserta saling berbagi pengalaman dan strategi untuk meningkatkan kinerja kehumasan di masing-masing institusi.

(Berita dan foto : Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram