Previous slide
Next slide

Dies Natalis ke-44 Universitas Muria Kudus, Komitmen Meraih UMK Unggul

Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) merayakan Dies Natalisnya yang ke-44 dengan tajuk “Merajut Kualitas Berlandas Integritas” yang ditandai dengan Sidang Terbuka Senat Dies Natalis yang ke-44 Universitas Muria Kudus di Gedung Auditorium UMK, Rabu (12/06/2024).

Dalam sambutannya, Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. menyampaikan komitmennya dalam meraih UMK Unggul. Menurutnya, UMK Unggul tidak dapat diraih dengan persiapan singkat, tetapi perlu ada desain yang harus tersistem. Sehingga, semua pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa harus mengimplementasikan budaya mutu dalam menjalankan tugasnya. Atara lain, memahami tujuan mutu sebagai bagian yang melekat, bukan tugas tambahan.

Menjalankan tupoksi sesuai dengan acuan (standar mutu) dan juga menjalankan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan standar),” tegas Rektor. Selain itu, semua pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa juga harus menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. “Bersedia dievaluasi dan bersedia melakukan tindak lanjut, serta bersedia merekam bukti pendukung pelaksanaan mutu,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemdikbud Ristekdikti RI, Dr. Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si. mengungkapkan, di momen Dies Natalis UMK yang ke-44 ini besar harapan kami UMK kedepan akan menghasilkan sumber daya mausia yang berkualitas, mengingat lamanya lembaga pendidikan (UMK) ini berdiri. 

“Tentu untuk melakukan itu semua kita harus melakukan restopektif, melihat kondisi hari ini dilapangan seperti apa, perkembangan teknologi, pemanfaatan artificial intelligence (AI), dan bahkan terhadap banyaknya fenomena-fenomena yang hari ini sudah bergeser (seperti tugas-tugas manusia yang diambil alih oleh kecerdasan buatan, Red),” jelasmya.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Pj. Bupati Kudus tersebut menambahkan, di era sekarang ini juga akan memungkinkan semua perguruan tinggi untuk bisa bersinergi dan membangun jejaring.

“Sekarang sudah ada sister school, sister city, sehingga  mungkin juga kita membuat sister university, antara UMK dengan kampus yang lain yang tentunya memiliki komitmen yang sama. Ditambah, skema pentahelix sebagai pola berjejaring secara maksimal, seperti misalnya antara pemerintah, perguruan tinggi, industri, kemudian masyarakat, serta media,” urainya.

Menutup statemennya, Hasan Chabibie mengingatkan, diusia UMK yang sudah sematang ini hendaknya terus melakukan learning organization.   “Dan hal ini haruslah dilakukan oleh semua komponen, mulai dari pihak rektorat, dosen, mahasiswa, serta semua stakeholder yang terkelola di Universitas Muria Kudus,” pungkasnya.

Dekan Cup, Expo UMKM, hingga Kethoprak Reborn

Rangkaian kegiatan Dies Natalis UMK yang ke-44 sejatinya sudah dimulai dari Dekan Cup, tepatnya pada gelaran Olimpiade Matematika yang diselenggarakan program studi Pendidikan Matematika, Sabtu (04/05/2024) lalu.

Dekan Cup sendiri merupakan rangkaian kegiatan lomba yang diinisiasi oleh masing-masing Fakultas yang ada di UMK, yang diselenggarakan dalam waktu yang berdekatan dengan pelaksanaan Dies Natalis ke-44 UMK. Adapun pelaksanaan Dekan Cup sendiri dimulai dari tanggal 04 Mei hingga 22 Juni 2024.

Selain itu, ada pula Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pada Senin, 10 Juni lalu. Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Terbuka Senat pada Rabu (12/06/2024). Selanjutnya, terdapat pula lomba-lomba menarik yang diselenggarakan oleh panitia Dies Natalis UMK ke-44, yang diperuntukkan baik itu untuk dose, tendik (tenaga kependidikan), mahasiswa, hingga untuk umum, mulai tanggal 13-30 Juni 2024.

Menariknya, pada perayaan Dies Natalis tahun ini juga terdapat pertunjukan seni yang dibalut dalam “Kethoprak Reborn”. Acara ini diperuntukkan unutuk masyarakat umum secara gratis. Kethoprak Reborn kali ini mengangkat naskah “Cari Apa Lagi”, yang diperankan oleh sejumlah dosen, tendik, serta mahasiswa. Tak hanya itu, Kethoprak Reborn juga menggandeng komunitas teater dari luar kampus untuk turut memeriahkan pertunjukan tersebut.

Tak mau ketinggalan, layaknya perayaan Dies Natalis tahun-tahun sebelumnya, dalam Dies Natalis tahun ini juga dimeriahkan dengan adanya Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dilaksanakan pada 20-23 Juni 2024.Seluruh rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan Jalan Sehat oleh segenap civitas akademika UMK dengan berbagai doorprize menarik, serta hiburan yang seru. (Berita & Foto: Humas UMK)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram