Previous slide
Next slide

Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang Kukuhkan Prof. Dr. Katharina Rustipa, M.Pd. sebagai Guru Besar

Kepala LLDIKTI VI Hadiri Pengukuhan Prof. Dr. Katharina Rustipa, M.Pd. di UNISBANK 05/03/24 (Foto: Humas Unisbank)

Semarang Prof. Dr. Dra. Katharina Rustipa, M.Pd. dikukuhkan sebagai Guru Besar / Profesor bidang Ilmu Linguistics pada Rapat Senat Terbuka Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang pada Selasa (05/03) berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 66913/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen.

Prof. Katharina merupakan Dosen Program Studi Sastra Inggris Fakultas Hukum dan Bahasa Universitas Stikubank. Memulai karir di Universitas Stikubank sejak tahun 2000, Prof. Katharina pernah mengemban jabatan sebagai Kaprodi Sastra Inggris, Sekretaris Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya, Dekan Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya dan terakhir sebagai Wakil Rektor I UNISBANK.

Prof. Katharina merupakan sosok dosen dan ilmuwan yang sangat sarat akan prestasi dan keilmuan. Pada saat menempuh S3 Pendidikan Bahasa Inggris di Unnes, dia berhasil lulus tercepat dan terbaik dengan IPK 4. Pengalamannya di bidang akademik tidak perlu diragukan lagi, Prof. Katharina adalah reviewer di beberapa jurnal nasional dan internasional. Tercatat sebagai reviewer di International Journal of Instruction (Scopus Q1), Heliyon (Scopus Q1), SiELE-Studies in English Language and Education (Scopus Q1), International Journal of Learning, Teaching and Educational Research (Scopus Q3), Edulite: Journal of English Education, Literature, and Culture (Sinta 2), E-Structural-English Studies on Translation, Culture, Literature, and Linguistics (Sinta 3), Lensa-Kajian Kebahasaan, Kesusasteraan, dan Budaya/ Linguistics, Literature, and Culture (Sinta 3) dan LITE-Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya (Sinta 4).

Prof. Katharina juga fasilitator Pekerti dan AA. Sejak tahun 2008, Beliau aktif sebagai narasumber Program Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Program Pelatihan Applied Approach (AA).Banyak karyanya yang telah dipublikasi pada jurnal nasional dan internasional. Juga banyak buku yang telah diterbitkan, seperti buku dengan judul English Playground: An English Course for Elementary School Students yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga dan buku berjudul Smart with English         yang dipublikasikan oleh Penerbit PT Citra Aji Parama.

Pada Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Profesor/Guru Besar yang berlangsung dari pukul 08.30-12.00 WIB, Prof. Katharina menyampaikan Orasi Ilmiah dengan judul “Critical Genre-Based Teaching Model Untuk Mengajar Mata Kuliah Academic Writing: Implikasi Pedagogik Dari Studi Problem Statement Genre – Karya Ilmiah Mahasiswa”.

Rapat Senat Terbuka ini dihadiri oleh Kepala LLDIKTI VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. dan beberapa tamu VIP dari Mondial Education, UNTIDAR, UNNES, Pengurus YPPMI, Pejabat Struktural dan Dosen UNISBANK, serta Keluarga dari Prof. Katharina. Rapat Senat Terbuka dengan acara tunggal Pengukuhan Profesor/Guru Besar dipimpin oleh Ketua Senat / Rektor UNISBANK, Dr. Edy Winarno, S.T., M.Eng. Pada sambutannya, Kepala LLDIKTI VI juga berpesan agar Prof. Katharina terus mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam penembangan Ilmu Linguistics, meningkatkan penelitiannya dan memberikan dampak yang luas pada masyarakat serta mengawal implementasi MBKM di UNISBANK serta berorientasi pada seluruh mahasiswa yang mampu menjadi lulusan yang berkualitas. Dan tak lupa Prof. Katharina dapat menularkan semangat, dedikasi, konsistensi yang luar biasa ini kepada dosen yunior di UNISBANK. (Humas/Unisbank)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram