Previous slide
Next slide

Pelantikan Rektor Baru: UNIMAR AMNI Siap Berlayar Lebih Jauh

Pelantikan Prof. Ir. Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., sebagai Rektor Universitas Maritim AMNI Periode 2024-2028 (Foto: Humas UNIMAR AMNI)

Semarang – Ketua Yayasan Bina Kemaritiman Indonesia Drs. Agus Aji Samekto, M.M., melantik Prof. Ir. Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., sebagai Rektor Universitas Maritim AMNI (UNIMAR AMNI) periode masa jabatan 2024-2028 pada Kamis (29/02). Bertempat di Kampus UNIMAR AMNI, Jalan Soekarno Hatta Semarang, seremoni pengukuhan berlangsung khidmat dan sakral.

Pasca dilantik Prof. Johannes Hutabarat mengatakan, UNIMAR AMNI siap berlayar lebih jauh, salah satunya dengan penguatan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional. “Peningkatan kerjasama ini dilakukan dengan sejumlah perguruan tinggi, perusahaan yang bergerak di kemaritiman, pemerintahan dan stakeholder maupun mitra lainnya.” ungkap Rektor UNIMAR AMNI.

Tampak di sela acara pelantikan, juga dilakukan perjanjian kerjasama melalui tandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuh perguruan tinggi. Masing-masing adalah, Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Timor Kefanemanu Nusa Tenggara Timur (NTT), Universitas Musamus Merauke Papua Selatan, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau, Universitas Hang Tuah Surabaya, dan Sekolah Vokasi Undip Semarang, serta Benline Compani Batam.

Menurut Rektor, kerjasama tersebut dilakukan terkait dengan tri dharma perguruan tinggi, berupa penelitian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia. ”Kita punya sembilan pelatihan yang sudah diakui Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jadi, kerjasama ini juga terkait dengan lulusan dari perguruan tinggi lain yang kita didik dalam pelatihan tersebut untuk training dan mendapatkan sertifikat,” jelas Prof. Johannes.

Tambahnya, kerjasama dilakukan dengan sesama universitas martitim, bukan untuk salin bersaing. Namun untuk meningkatkan sumber daya pelaut. ”Karena kita tahu pelaut banyak dari Indonesia Timur, NTT, dan Ambon juga, maka kita lakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di wilayah tersebut. Selain itu, UNIMAR AMNI juga melakukan kerjasama dengan perusahaan pelayaran di luar negeri,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, lulusan UNIMAR AMNI bukan hanya bekerja di kapal nasional, namun kapal internasional. ”UNIMAR AMNI juga punya alat yang hanya ada dua di Indonesia, yakni simulator antartik. UNIMAR AMNI mempersiapkan pelaut untuk menjadi nahkoda kapal yang ada di kawasan antartika, itulah potensi yang kita miliki,” jelas,ya.

Sementara itu, Drs. Agus Aji Samekto mengatakan, harapan ke depannya UNIMAR AMNI menambah sejumlah 15 diklat dari 10 diklat yang ada saat ini, kemudian menyelesaikan pembangunan kolam latih dan pembangunan gedung simulasi kapal. Juga menambah program studi dari 10 menjadi 15 prodi. ”Kita juga sedang melakukan pengembangan kampus, yakni dengan membangun kampus II seluas 10 hektar di Mijen Gunung Pati Semarang. Selain itu, kita sedang membidik akreditasi institusi untuk menjadi unggul dan akreditasi internasional,” jelasnya.

Tampak hadir dalam sermoni pelantikan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. Menurutnya pemerintah menaruh harapan besar pada kampus maritim khususnya di wilayah Jawa Tengah, di bawah naungan LLDIKTI Wilayah VI. “Harapan kami agar UNIMAR AMNI bisa menyumbangkan lulusan yang unggul di bidang maritim di Indonesia dan berkualifikasi internasional” pungkas Bhimo.

Acara seremoni ini disemarakkan penampilan ketrampilan para Taruna & Taruni UNIMAR AMNI. Tampak hadir para kolega, mitra dan pimpinan perguruan tinggi lainnya.


Profil Rektor UNIMAR AMNI

Dikutip dari berbagai sumber, Rektor UNIMAR AMNI periode 2024-2028 Prof. Ir. Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., merupakan insan akademisi yang lahir di Semarang, pada tahun 1951. Prof Johannes tercatat sebagai Guru Besar Emiritus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Dosen S3 Doktor Ilmu Kelautan FPIK UNDIP, Penguji S3 di Univesitas Brawijaya, Institut Petanian Bogor, Universitas Gajah Mada – Yogyakarta, dan Universitas Hassanuddin, Makasar.

Dengan pengalaman masa kerja 45 tahun, Prof. Johannes memiliki riwayat pendidikan formal yakni:

  1. S1 (Insinyur) – Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Diponegoro, 1976
  2. S2 (M.Sc) – The University of Stirling, England 1984, Aquaculture of Fisheries Management
  3. S3 (Ph.D) –  The University of Stirling, England 1990, (Doctor of Philosophy Coastal Aquaculture).

Di bawah komando Rektor baru, UNIMAR AMNI siap berlayar lebih jauh! (Humas/UNIMAR AMNI)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram