Previous slide
Next slide

“MOMENTUM  MILAD KE 4 UNIVERSITAS ‘AISYIYAH SURAKARTA MENUJU TERCAPAINYA PERGURUAN TINGGI  YANG KUAT, UNGGUL DAN BERDAYA SAING”  

Surakarta – Universitas ‘Aisyiyah Surakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi milik Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta. Berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 260/M/2020 pada tanggal 18 Februari 2020. Perayaan Milad bagi Universitas ‘Aisyiyah Surakarta  tidak boleh berhenti sebagai seremonial belaka. Milad harus kita jadikan pembangkit spirit perubahan yang mendorong usaha-usaha strategis untuk melahirkan pusat-pusat keunggulan dan perluasan daya jelajah perjuangan Persyarikatan menuju Aisyiyah berwawasan dan  berkemajuan.

Hari Senin , 19 Februari 2024   pukul 08.00-12.00 WIB di laksanakan acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Milad ke 4 Universitas ‘Aisyiyah Surakarta di Gedung Aula Siti Baroroh Baried Universitas Aisyiyah Surakarta. Tema Milad tahun ini ‘Creativity anda synergizing Toward Excellence. Acara tersebut dihadiri sebanyak 286 tamu yang terdiri dari Pimpinan Pusat aisyiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah, Badan Pelaksana Harian Universitas ‘Aisyiyah  Surakarta, Dinas Kesehatan  Kota Surakarta, Dinas Kependudukan dan KB, Lasizmu Kota Surakarta, Instansi pendidikan dan bank kolega, seluruh dosen dan tendik beserta perwakilan oraganisasi mahasiswa Universitas ‘ Aisyiyah Surakarta.

Tampilan  UKM Universitas ‘Aisyiyah Surakarta tampil sebagai untuk membuka acara, hal ini sebagai salah satu perwujudan jiwa kreatifitas dan bakat  dari ukm yang dimiliki, persembahan lainnya diantaranya adalah dari UKM Akustik, UKM Paduan Suara dan UKM Tari, kemasan apik mampu membuat para tamu undangan terhibur dan bangga dengan bakat yang dimiliki mahasiswa Univesitas   Aisyiyah Surakarta.

Dalam rangkaian Sambutan, yang pertama  adalah dari Rektor Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Ibu Riyani Wulandari, S.Kep, Ns., M.Kep. menyampaikan perayaan milad adalah sebagai sarana untuk refleksi, psychological recharging dalam mengelola dan mengembangkan  Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Dalam kurun waktu 4 tahun  telah berupaya melakukan pembenahan dan peningkatan kapasitas  dalam hal Catur Dharma Perguruan tinggi, Tata kelola kampus, sumber daya manusia serta kerja sama nasional dan internasional dimana tujuan akhirnya untuk peningkatan dan penciptaan kecerdasaan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas peradaban. Selama 4 tahun terjadi  peningkatan  jumlah mahasiswa, kualitas SDM, sarana prasarana “ tegas Bu Riyani Wulandari. Tahun 2023 ada  beberapa perolehan prestasi diantara dalam bidang akademik “penghargaan paltinum dari Aipnema kategori kelulusan UKOM 100 %, Perolehan persentase kelulusan terbaik regional 7. Bidang penelitian dan PKM diantara lolos Hibah Macthing Fund vokasi, Hibah Penelitian Dosn Pemula, Lolos Hibah Program Pengabdian Kepada masyarakat, anugerah  Diktiristek 2023 dengan predikat Silver Winner fokus pada Hak Kekayaan Intelektual (Garuda Award) Subkategori  institusi klaster utama/madya/pratama, jurnal kelolaan terakreditasi sinta 3 dan 4, serta publikasi dosen baik Internasional dan Nasional dan HKI. Riyani mengatakan terdapat peningkatan juga dalam bidang kemahasiswaan  diantaranya prestasi dalam bidang Nasional dan Internasional, prestasi non akademik baik regional, nasional dan internasional, Rekognisi kemahasiswaan baik berupa HKI, publikasi narasumber kegiatan dan juri lomba, Beasiswa sumber APBN dan non APBN , Lolos Hibah PPK ormawa dari 2 himpunan mahasiswa, Lolos Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa dan Program P2MW, serta lolos program WMK yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.  Upaya peningkatan Bidang Sumber Daya manusia baik jumlah dosen tersertifikasi, jabatan fungsional, kualifikasi Doktor serta perolehan Beasiswa Eksternal untuk studi lanjut Program Doktoral. Diakhir sambutannya ibu Riyani menyampaikan kembali Universitas ‘Aisyiyah Surakarta yang unggul dan berdaya saing  adalah  kuat dalam basis keilmuan, kuat dalam tata kelola, dan kuat dalam hal hasil  luaran yang dicapai, Kekuatan ini merupakan prasyarat penyempurnaan tat kelola kampus menuju “ Excellent University Governance

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Ibu Dr Mahasri Shobahiya, M.Ag juga memberikan sambutan dalam acara tersebut dalam sambutan awal  Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta, menyampaikan sejarah berdirinya Universitas aisyiyah Surakarta dan  mengucapkan selamat atas Milad Universitas ‘Aisyiyah Surakarta yang ke-4. Ucapan terima kasih juga disampaikan pada segenap mahasiswa dan warga masyarakat yang telah mempercayakan tempat menimba ilmu dan pengalaman serta mengukir prestasi melalui belajar di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, untuk  berproses, berkembang, serta menjadi sosok pribadi yang unggul, yang turut mencerahkan peradaban bangsa melalui ilmu dan profesi masing-masing di masa depan.

Puncak acara milad  ke 4  dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Ibu Dr. Apt Salmah Orbayinah, M.Kes .  Ibu Salmah memberikan sambutan sekaligus pidato ilmiah dalam acata tersebut. Dalam pidato tersebut disampaikan  Universitas ‘Aisyiyah  Surakarta adalah salah satu dari 10 Perguruan Tinggi yang dimiliki oleh ‘Aisyiyah, sebuah organisasi perempuan Islam satu-satunya yang mengelola universitas dan juga mengelola perguruan tinggi di berbagai lokasi di Indonesia. Kiprah nyata di masyarakat merupakan bentuk karya nyata yang dapat diukir oleh Universitas. Optimalisasi peran Universitas ‘Aisyiyah Surakarta bagi masyarakat dan kemajuan bangsa salah satunya bisa dilihat dari seberapa besar sinergitas dan kreatifitas yang telah dilakukan. Sinergi adalah interaksi dua bagian yang bekerja sama, untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari komponen aslinya. ibu Salmah selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menyampaikan dengan tegas untuk selalu menciptakan sinergi di tempat kerja  dapat membantu organisasi dengan menggabungkan  berbagai keahlian, ide, dan sumber daya, untuk menciptakan hasil yang lebih besar, daripada jumlah bagian-bagian individu saja Sinergi yang dikehendaki sebagaimana dalam ajaran Islam adalah sinergi dalam hal yang baik dan mendatangkan kemaslahatan bagi kehidupan, kata Ketua Umum PP ‘Aisyiyah.

Milad tahun ini tidak berbeda dengan sebelumnya ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada dosen dan tendik diantaranya kategori dosen dan tendik terdisiplin, penghargaan dosen lolos pendanaan hibah kemendibudristek dan penghargaan masa kerja. Momentum Milad kali ini akan digunakan untuk bersatu, bersinergi dan bangkit daalm memperkuat basis keilmuan kita guna menciptakan tata kelola yang baik, menuju tercapainya tujuan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta yang kuat, Unggul dan berdaya saing. (Humas/AISKA)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram