Previous slide
Next slide

DORONG IMPLEMENTASI MBKM, LLDIKTI VI GELAR EVALUASI DAN PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN IMPLEMENTASI MBKM

LLDIKTI Wilayah VI menggelar Evaluasi dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Implementasi MBKM untuk mendorong kemandirian implementasi MBKM di lingkungan perguruan tinggi melalui Bursa KMM. Acara ini diadakan tanggal 23 – 25 Januari 2024 bertempat di The Alana Solo Hotel Karanganyar dan dihadiri sejumlah 16 (enam belas) orang perwakilan dari Universitas Dharma AUB Surakarta, Universitas Surakarta, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta, Univeristas Sahid Surakarta, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Universitas Islam Batik Surakarta, Univeristas Tunas Pembangunan dan Universitas Slamet Riyadi.

Kepala Bagian Umum Adhrial Refaddin menjelaskan Bursa KMM ada untuk memastikan bahwa MBKM ini berjalan tanpa adanya pendanaan dari pusat. Kampus Merdeka Mandiri ini adalah upaya dari LLDIKTI VI agar teman-teman di perguruan tinggi bisa menjadikan program MBKM ini menjadi berkesinambungan. 

Adhrial menambahkan, tujuan Bursa KMM adalah untuk mempertemukan perguruan tinggi dengan calon mitranya baik di industri dan lembaga pemerintah.

Dalam Bursa KMM, LLDIKTI Wilayah VI bekerja sama dengan Apindo, Kadin dan Telkom untuk program magang, program mengajar di sekolah bekerja sama dengan BBPMP dan Dinas pendikan. Sedangkan untuk proyek kemanusian, pembanguanan desa, dan KKN tematik bekerja sama dengan BNN dan BPBD.  

Dalam sambutannya Bhimo Widyo Andoko selaku Kepala LLDIKTI Wilayah VI menyampaikan bahwa dari 233 PTS di Jawa Tengah, ada 130 PTS atau berkisar 75% PTS yang sudah mengimplementasikan MBKM. “Untuk itu kami LLDIKTI Wilayah VI mencoba menginisiasi dengan mengembangkan platform Bursa KMM yang dapat menjadi penghubung bagi mitra dan perguruan tinggi.” imbuhnya.

Pada kesempatan ini pula dilakukan penandatangan komitmen bersama antara LLDIKTI Wilayah VI dengan Perguruan Tinggi tentang pelaksanaan Kampus Merdeka Mandiri. Penandatangan komitmen dilakukan dengan tujuan untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui Kampus Merdeka Mandiri. Terakhir, Bhimo berharap melalui platform Bursa KMM ini akan memudahkan kolaborasi yang strategis antara mitra dan perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Foto Galeri:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram