Previous slide
Next slide

Studi banding Peninjauan Kurikulum Program Studi Sastra Inggris FHB Unisbank ke FBS Soegijapranata Catholic University.

Semarang – Selasa, tanggal 9 Januari 2024 prodi S1 Sastra Inggris melakukan studi banding ke prodi S1 Sastra Inggris FBS Soegijapranata Catholic University (SCU). Tujuan dilaksanakannya studi banding ini adalah untuk menambah benchmarking prodi S1 Sastra Inggris dan dalam rangka penguatan Kerjasama sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FBS SCU yaitu bapak G.M. Adhyanggono, Ph.D, Kaprodi Sastra Inggris Ibu Cecilia T. Murniati, Ph.D, Sekprodi Sasing Ibu Dr. Dra. Ekawati Marhaenny Dukut, M.Hum dan juga Dr. Heny Hartono, S.S., M.Pd sebagai Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) SCU.

Sedangkan tim prodi S1 Sastra Inggris FHB dihadiri oleh Dekan FHB Dr. Agnes Widyaningrum, S.E, S.Pd, M.Pd; Kaprodi Sastra Inggris Ibu Yulistiyanti, S.S, M.Hum, dan beberapa dosen Sastra Inggris yaitu Prof. Dr. Katharina Rustipa, M.Pd, Endang Yuliani Rahayu, S.S, M.Pd dan Teguh Kasprabowo, S.Pd, M.Pd.

Dari diskusi terkait kurikulum prodi Sastra Inggris antara FBS dan FHB ada beberapa masukan yang bisa diimplementasikan yaitu tentang Learning Method yang dikenal dengan istilah Joyful Learning yang sebenarnya merupakan SCL atau Student Centered Learning. SCL ini bisa dilaksanakan dengan metode Case Based atau Problem Based dan Project Based Learning. Peninjauan kurikulum ini merupakan bagian dari perubahan kurikulum sesuai dengan Permendikbud 053 tahun 2024 dengan fokus pada OBE atau Outcome Based Education. Luaran yang dihasilkan bisa dalam berbagai macam bentuk misalnya artikel publikasi dan produk lain. Produk yang dihasilkan prodi sasing bisa dalam bentuk short story, buku atau Kumpulan puisi. Dengan adanya luaran ini maka akan semakin banyak karya mahasiswa yang bisa menjadi kekayaan intelektual bahkan bisa diajukan untuk mendapatkan ISBN sehingga dapat menambah nilai bagi prodi Sastra Inggris. (Humas/Unisbank)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram