Previous slide
Next slide

Sebagai Pertukaran Budaya Internasional, UMNU Kebumen hadirkan 5 Native Speakers dari 5 Negara

Dekan FKIP sekaligus pengampu mata kuliah CCU (Cross Cultural Understanding) Alek Andika, M.Pd bersama mahasiswa semester 5 melakukan UAS dalam bentuk project based learning (PJBL) pada hari kamis 21 Desember 2023 dengan menghadirkan 5 native speakers untuk berbagi budaya dari masing-masing Negara yaitu ( Pakistan/ Sundas Ejaz, Thailand/Nor Najihah Saad, Filipina/Sabrina Joy S.Tan, Gambia/Mbemba Badjie dan Algeria/Ahmed Abdallah Faouzi Attia). Native speaker merupakan Mahasiswa internasional Universitas Gajah Mada (UGM) yang sedang mengikuti pendidikan budaya pada INCULS (Indonesia Language and Culture Learning Service), UGM yang dipimpin oleh Bapak Dr. Rudi Ekasiswanto, M.Hum.

Pembukaan dihadiri oleh Warek 2 (Hastri Firharmawan, M.Pd), Kaprodi (Atik Muhimmatun Asroriyah, M.Pd serta seluruh dosen Pendidikan Bahasa Inggris). Dimana pembukaan diawali dengan penampilan dari pengelola Geopark Karangsambung, Kebumen dengan media wayang golek menceritakan sejarah multicultural yang terjadi di Kebumen. Dilanjutkan berbagai penampilan budaya lokal Kebumen seperti Ebleg/ kuda lumping, tari lawet dan pencak silat Pagar Nusa oleh mahasiswa.  Perform ebleg pun sempat diikuti oleh 2 bule pria yang sangat antusias dalam mempraktikannya. Kemudian sesi kuliner makanan tradisional khas Kebumen juga ditampilkan serta tasting food oleh seluruh peserta.

Pada sesi selanjutnya adalah talk show dimana para native speakers mempresentasikan budaya masing-masing Negara melalui paparan ceramah dan video yang menarik sehingga menimbulkan respon pertanyaan dari peserta talk show. Menurut (Alek) “ This occasion will be the annual program for students who take CCU course as the final exam project, it also will build students’ character to face 5.0 Era and 21st Century Learning which students must have 4 C’s skill such as Critical thinking, Creative, Communicative and Collaborative”. (Humas-UMNU Kebumen)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram