Previous slide
Next slide

ANUGERAH LLDIKTI WILAYAH VI TAHUN 2023: WUJUD APRESIASI BAGI PTS TERBAIK SE-JAWA TENGAH

Perhelatan Anugerah LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023 (Foto: Humas/LL6)

Semarang – Sebagai wujud apresiasi LLDIKTI Wilayah VI bagi perguruan tinggi yang berhasil melaksanakan tridharma perguruan tinggi dan program MBKM dengan baik, serta layak menjadi teladan bagi perguruan tinggi lainnya, di penghujung tahun 2023 ini LLDIKTI Wilayah VI kembali menggelar event Anugerah LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023.

Bertempat di Poncowati Hall, Patrajasa Convention Hotel Semarang pada Selasa (19/12), sejumlah lebih dari 50 Perguruan Tinggi Swasta dan lebih dari 100 insan perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah tampak hadir. Undangan ditujukan kepada pimpinan Perguruan Tinggi yang menerima penghargaan beserta pendamping dan dosen penerima anugerah.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dalam sambutan dan paparannya menyampaikan kembali tugas dan fungsi LLDIKTI Wilayah VI serta capaian kinerja sepanjang tahun 2023. “Berbagai program dan fasilitasi untuk kinerja perguruan tinggi telah kami selenggarakan, misalnya fasilitasi peningkatan laporan PDDIKTI, percepatan kinerja dan akreditasi perguruan tinggi, peningkatan riset dan publikasi, dan penjaminan mutu internal. Serta berbagai program layanan yang dilaksanakan oleh 7 kelompok kerja di LLDIKTI Wilayah VI.” ungkap Bhimo. Tak hanya itu, LLDIKTI Wilayah VI turut mengoptimalisasikan pemanfaatan teknologi informasi, dengan penyelenggaraan 11 Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik, portal sistem SiBraja dan e-ULT, tambahnya.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Umum Adhrial Refaddin, S.IP., M.PP., menyampaikan paparan tentang pengukuran kinerja perguruan tinggi swasta sepanjang tahun 2023, yang menjadi metode perhitungan dan klasifikasi penganugerahan perguruan tinggi pada tahun ini. “Kami tidak meng-collecting-kan data, namun kami mengolah data yang sudah disajikan dari berbagai sumber yang reliable.” tutur Adhrial. Menurutnya, data siap guna yang digunakan adalah data yang berasal dari PDDIKTI, yakni data yang telah dilaporkan ke PDDIKTI periode 2022-2. Tak hanya itu, data Non PDDIKTI yang tidak tercakup dalam PDDIKTI tetapi dikumpulkan secara terstruktur atau merupakan hasil penilaian dari unit kerja Kemdikbud RIstek, dan data eksternal yang sudah mapan dan menggambarkan kualitas kinerja PT.

“Data yang kami gunakan untuk Anugerah ini,  berasal diantaranya dari: PDDIKTI, SISTER, SINTA, Lap Kerma, SiJago LLDIKTI6, BAN-PT dan KMM.” pungkas Adhrial.

Dalam perhelatan ini, sejumlah 10 Kategori PTS terbaik diberikan kepada 2 (dua) jenis perguruan tinggi: Akademik dan Vokasi. Perhitungan pemenang telah melalui penilaian yang ketat dengan sumber data valid yang  berasal dari berbagai system seperti PDDIKTI, SiBraja LLDIKTI6,

Kategori tersebut meliputi:

  1. PTS Akademik dan Vokasi dengan Pemenuhan Dharma Pembelajaran Terbaik
  2. PTS Akademik dan Vokasi dengan Rasio APS Terbaik
  3. PTS Akademik dan Vokasi Peningkatan APS Terbaik
  4. PTS Akademik dan Vokasi dengan Tata Kelola Kerja Sama terbaik
  5. PTS Akademik dan Vokasi dengan Publikasi per Dosen Terbaik
  6. PTS Akademik dan Vokasi dengan Sitasi per Dosen Terbaik
  7. PTS Akademik dan Vokasi dengan Kinerja Penelitian Terbaik
  8. PTS Akademik dan Vokasi dengan Indeks Pelaksanaan MBKM Terbaik
  9. PTS Akademik dan Vokasi dengan Prestasi Kemahasiswaan Terbaik
  10. PTS Akademik dan Vokasi dengan Peningkatan Jumlah Dosen Berjabatan Fungsional Terbaik

Disamping itu turut diserahkan sejumlah 7 (tujuh) Penghargaan PTS dengan Satgas PPKS Terdaftar di Portal PPKS Kemendikbud Ristek.


PENGHARGAAN INSAN DOSEN PTS JAWA TENGAH

Tak hanya penghargaan untuk Lembaga Perguruan Tinggi saja, dalam kesempatan ini turut diberikan apresiasi bagi insan dosen berprestasi, meliputi: 4 (empat) Dosen Pemenang Academic Leader Tingkat LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023, dan sejumlah 10 (sepuluh) Dosen Karya Ilmiah Terpilih Pada Jurnal Terakreditasi Sinta Program Publikasi Karya Ilmiah Tahun 2023.

Turut memeriahkan acara, perhelatan akbar yang ditayangkan juga secara live streaming di kanal YouTube LLDIKTI Wilayah VI ini melibatkan puluhan partisipan dari berbagai perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI, diantaranya: Tim Paduan Suara Gratia Choir UNIKA Soegijapranata, Tim UKM Seni Tari Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), Virtual Videobooth oleh Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), desain pendukung oleh Humas Politeknik Harapan Bersama, dan siaran live streaming oleh Humas Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Tampak para tamu undangan larut dalam gemerlap hiburan oleh Aviel Band dan visual lighting yang mempesona.

“Dengan diadakannya Anugerah ini, kami harapkan perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI semaking meningkat dalam upaya menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas. Serta semakin semangat untuk menyongsong tahun 2024 yang penuh peluang dan tantangan.” tutup Bhimo.

Selamat dan sukses untuk seluruh pemenang! (Humas/LL6)


Galeri Foto:

LAMPIRAN DAFTAR PEMENANG:

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram