Previous slide
Next slide

PELATIHAN PAKAN TERNAK COMPLETE FEED DAN PEMANFAATAN LIMBAH SEBAGAI KOLABORASI UNIVERSITAS DHARMA AUB SURAKARTA DAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG DALAM RANGKAIAN PROGRAM KOSABANGSA

Surakarta Pelatihan pakan ternak complete feed dan pemanfaatan limbah serta serah terima mesin peralatan sebagai rangkaian kegiatan program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (Kosabangsa) antara Universitas Dharma AUB Surakarta dan Universitas Islam Malang serta kegiatan sharing session yang dilaksanakan 15 – 16 November 2023 berlangsung lancar. Kegiatan pada tanggal 15 ini dilakukan di balai desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri, dilanjutkan ke lokasi pelaksanaan mitra sasaran pertama Gapoktan Waluyo Tani dan mitra sasaran kedua kelompok Ternak Argo Makmur, sedangkan tanggal 16 November 2023 kegiatan sharing session bertempat di Lt. 3 kantor pusat Universitas Dharma AUB Surakarta.   

Dalam acara ini dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri yang diwakili oleh Bapak Nanang; Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri yang diwakili oleh Bapak Danang; Rektor Universitas Dharma AUB Surakarta Prof. Dr. Siti Fatonah MM; Kepala Desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Waluyo Dwi Brasto selaku mitra kegiatan beserta jajaran perangkat desa; Tim Pendamping dari Universitas Islam Malang dengan Ketua Tim Dr. Ir Mudawamah MSi, IPM, ASEAN Eng beserta anggota tim Pendamping Dr. Anis Sholihah, MP dan Sugiono, ST, MT; Tim Pelaksana dari Universitas Dharma AUB Surakarta dengan Ketua Dr. I Gusti Putu Diva Awatara, MSi dan anggota tim pelaksana Yosephien Angelina Yulia Patria Ekaputri SE, MM dan Tri Widianto SE, MM; Koperasi Anugerah Agro Lestari dengan Ketua Anding Sukiman SE, MM selaku mitra kerjasama (DUDI); Gapoktan Waluyo Tani dengan Ketua Suwardi beserta anggota Gapoktan selaku mitra sasaran 1 dan Kelompok Ternak Argo Makmur dengan Ketua Sih Purwanto beserta anggota.

 Dalam pelatihan pakan ternak complete feed disampaikan potensi desa pare dalam pengembangan peternakan sapi yang sangat besar, pengelolaan peternakan sapi di hulu terkait pembuatan pakan ternak sapi yang mampu memberikan nilai ekonomis dan memiliki kualitas yang baik dengan memanfaatkan limbah bahan tanaman yang ada di wilayah Desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri seperti limbah daun jati, daun mahoni dan jerami padi serta onggok, bekatul dan ampas gandum sehingga dapat dihasilkan kandungan ransum pakan ternak sapi yang memiliki komposisi yang berkualitas untuk meningkatkan pertumbuhan dan berat badan ternak sapi, sedangkan pengelolaan peternakan sapi di hilir terkait pemanfaatan limbah ternak sapi berupa urin dan kotoran sapi (letong) yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair dan pupuk padat organik modern.

Sebelum adanya kegiatan program Kosabangsa 2023 di Desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri hanya memberikan pakan ternak umumnya menggunakan jerami, daun jagung dan bekatul secara konvensional tanpa adanya sentuhan teknologi dalam pemberian pakan ternak, dengan adanya kegiatan program Kosabangsa 2023 di Desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, keterampilan, aksesibilitas dan pendapatan anggota Gapoktan Waluyo Tani sebagai mitra sasaran terutama teknologi dan inovasi pakan ternak lengkap (complete feed) dalam bentuk wafer dengan komposisi terdiri dari daun kering jati, daun kering mahoni, onggok, bekatul dan ampas gandum.

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah mendanai kegiatan Kosabangsa 2023, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri dan Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri yang telah mendukung penuh dalam pelaksanaan program Kosabangsa 2023 ini dan Pemerintah Desa Pare Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri sebagai mitra kegiatan serta Koperasi Anugerah Agro Lestari sebagai Mitra Kerjasama DUDI.   (Humas/ Undha AUB)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram