Previous slide
Next slide

PAKARTI SERIES : Membangun Kinerja Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Mutu

Semarang – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI melalui Kelompok Kerja Kelembagaan menggelar Pakarti Series, sebuah kegiatan fasilitatif untuk mendorong Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi. Acara dengan konsep hybrid yang diselenggarakan di Hotel Patra Jasa Semarang ini, dihadiri oleh 60 peserta luring dan 90 peserta daring.

Pakarti Series dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H dengan didampingi Kepala Bagian Umum Adhrial Refaddin, SIP., MPP. Dalam sambutannya, Bhimo berharap bahwa Pakarti Series dapat menjadi sarana konsultasi bagi PTS dalam meningkatkan kualitasnya. PAKARTI (Pendampingan Kinerja Perguruan Tinggi), yang dalam terminologi Jawa berarti Kinerja, diinisiasi oleh Pokja Kelembagaan sebagai Rumah Bersama berbagai program pendampingan atau fasilitasi oleh seluruh Kelompok Kerja yang ada di LLDIKTI Wilayah VI.

Hari Prasetyo, PhD, dari Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai narasumber, menyoroti pentingnya fokus pada detail bisnis proses perguruan tinggi. “Kita berharap perguruan tinggi fokus pada proses bisnisnya,” ujarnya. Hari juga menekankan perlunya fokus pada visi, baik itu visi kelembagaan maupun visi keilmuan, sebagai panduan untuk pengembangan kebijakan jangka panjang.

Prof Dr Muji Setyo dari Universitas Muhammadiyah Magelang memberikan paparan tentang Best Practice pengelolaan perguruan tinggi, mengajak seluruh peserta untuk melakukan refleksi diri terhadap kemajuan yang telah dicapai. Prof Muji juga mendorong pengelola Perguruan Tinggi untuk terus mengevaluasi skor produktivitas sinta sebagai alat evaluasi diri.

Adhrial Refaddin, Kabag LLDIKTI Wilayah VI, menegaskan kesiapan lembaganya untuk melayani PTS melalui program Pakarti. “Kami siap melayani panjenengan, dengan dukungan teman-teman pokja di LLDIKTI Wilayah VI,” ungkapnya. Kabag umum juga memberikan gambaran mengenai layanan yang tersedia dan rencana penambahan pelayanan daring pada tahun 2024.

Kegiatan Pakarti Series ditutup dengan sesi konsultasi, dimana perwakilan PTS dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada pokja yang menangani permasalahan sesuai dengan isian pada form permasalahan PTS yang sudah dibagikan sebelum kegiatan berlangsung.

Terakhir Kepala Lembaga menyimpulkan, “PAKARTI SERIES tidak berhenti di satu kegiatan ini saja. Tahun depan, kami berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan ini setiap bulan, menjangkau lebih banyak Perguruan Tinggi, dan memecahkan lebih banyak permasalahan, sejalan dengan semangat PAKARTI sebagai Pendampingan Kinerja Perguruan Tinggi.” (Humas LLDIKTI6)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram