Previous slide
Next slide

BANTU ANAK DIFABEL, TIGA MAHASISWA FT UDINUS CIPTAKAN TANGAN PROSETETIK DENGAN DESAIN SUPERHERO

Semarang – Tiga mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ciptakan tangan prostetik bagi anak difabel. Alat tersebut didesain seperti tangan superhero sebagai cara untuk menambah kepercayaan diri anak-anak.  Tangan prostetik yang diberi nama ‘Handsome’ dapat melakukan fungsional menggenggam dengan cara melakukan gerakan fleksi untuk menggenggam. Selain itu, dapat juga melakukan gerakan ekstensi untuk membuka genggaman tangan. Alat tersebut diciptakan oleh Dinara Diaz Pramono, Muhammad Rifqi Hanif Ammrullah dan Widia Aulia Cahyani.

Ketua tim PKM-KC dari FT Udinus, Dinara Diaz Pramono menjelaskan bahwa Tangan ‘Handsome’ merupakan sebuah tangan prostetik untuk membantu para anak difabel. Desain tangan prostetik tersebut didesain layaknya tangan superhero dan dengan bentuk desain yang futuristik agar meningkatkan kepercayaan diri mereka. “Fungsi alat yang kami ciptakan juga dapat digunakan untuk bermain dan memiliki fungsional untuk menggenggam.  selain itu, kami tambahkan juga LED yang berfungsi sebagai tembakan cahaya dan berfungsi untuk senter. terakhir terdapat tembakan air yang dapat berfungsi untuk bermain mereka,” jelasnya.

Ungkap Dinara, proses pembuatan tangan prostetik dan percobaan alat dikerjakan di Laboratorium Rehabilitasi Medis Udinus. Ketiga mahasiswa FT itu dalam proses pengerjaan alat tersebut membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dimulai pada Juli Hingga November. “Kerja keras dan koordinasi yang baik antar anggota akhirnya membuahkan hasil serta mampu menyelesaikan tangan prostetik ‘Handsome’ dengan kualitas yang luar biasa. Dukungan dari dosen khususnya pembimbing kami juga menambah semangat kami untuk menyelesaikan alat itu,” ungkapnya.

Dalam proses pengerjaan alat ‘Handsome’, ketiga mahasiswa mendapatkan bimbingan langsung dari Dosen FT Udinus, Wisnu Adi Prasetyanto ST,M.Eng. Pembuatan alat itu merupakan salah satu hasil dari kegiatan yang mereka ikuti yakni  Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC). Kegiatan tersebut  diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) Dan Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan (Belmawa). Selain PKM-KC terdapat beberapa jenis PKM lainnya dua diantaranya Pkm Karya Inovatif (PKM-KI) PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK)

Dalam wawancaranya, Pembimbing PKM -KC dengan alt tangan ‘Handsome’ Wisnu Adi Prasetyanto ST,M.Eng mengatakan bahwa kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa sebagai upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa.  Menurut Wisnu, kegiatan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter mahasiswa “Selain itu,  keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa akan terbentuk dengan mengikuti kegiatan PKM. Kami berharap mereka mampu menyelesaikan kegiatan ini dengan baik dan maksimal sehingga dapat lolos ke tahap berikutnya,” tutupnya. (Humas/Udinus)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram