Previous slide
Next slide

Penguatan Literasi Digital: LLDIKTI Wilayah VI Gelar Workshop Optimalisasi Sistem Informasi

Semarang LLDIKTI Wilayah VI menggelar “Workshop Optimalisasi Sistem Informasi bagi Dosen Tahun 2023” yang berlangsung pada Selasa (31/10) 2023 bertempat di Kampus Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan literasi digital kepada dosen, terutama dosen baru agar dosen paham dengan teknologi informasi dan meningkatan literasi digital, keamanan data digital, serta dosen paham tentang sistem yang wajib dikuasai oleh dosen.

Acara workshop yang berlangsung secara hybrid tersebut dibuka secara resmi melalui daring zoom oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H, yang memberikan sambutan hangat kepada seluruh peserta yang hadir baik secara luring maupun secara daring. Acara ini dihadiri oleh 76 dosen, dimana pesertanya didominasi oleh dosen baru.

Dalam sambutan pembukaannya, Bhimo Widyo Andoko menyampaikan bahwa dosen merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan tinggi mempunyai peran yang sangat signifikan bagi PT untuk menjalankan fungsinya. Peran penting dosen tertuang dalam akreditasi, dimana instrumen Sumber Daya Manusia (Dosen) merupakan satu instrumen tersendiri. Instrumen tentang Dosen tertuang di Akreditasi Minimal Baik, Reakreditasi maupun Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi.

Dalam kesempatan ini, Fahri Firdausillah yang merupakan Dosen dan Kepala Bagian Sistem Informasi di Universitas Dian Nuswantoro, menjelaskan materi tentang literasi digital, keamanan data dan aplikasi penting yang wajib dikuasai oleh dosen.

Fahri menjelaskan bahwa setiap dosen harus meningkatkan literasi digital untuk meningkatkan wawasan dan kinerja dosen di era teknologi seperti ini. Materi selanjutnya adalah tentang keamanan digital, dimana menurut Laporan National Cyber Serurity Index Tahun 2022, indeks keamanan siber Indonesia di posisi 83 dari 160 negara.

Lebih lanjut, Fahri menjelaskan tentang aplikasi apa saja yang wajib dikuasai oleh dosen, diantaranya ada dua jenis aplikasi, yaitu aplikasi penunjang administrasi dosen seperti SISTER, SIBRAJA, SINTA, dll. Serta aplikasi penunjang keahlian dosen seperti Learning Management System, Reference Manager & Visualizer, AI Tools.

(Sumber: Humas LL6)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram