Previous slide
Next slide

Wujud Komitmen Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi, LLDIKTI Wilayah VI Sukses Selenggarakan Sosialisasi Kebijakan Akreditasi BAN-PT

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sukses menyelenggarakan acara Sosialisasi Akreditasi BAN-PT yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 6 Oktober tahun 2023. Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring saran, masukan, maupun hambatan yang dialami oleh Perguruan Tinggi dan Program Studi dalam pelaksanaan akreditasi, baik akreditasi oleh BAN-PT maupun oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) tersebut berlangsung di Gedung A Kantor LLDIKTI Wilayah VI, Semarang.

Acara sosialisasi yang berlangsung secara hybrid tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H, yang memberikan sambutan hangat kepada seluruh peserta yang hadir baik secara luring maupun secara daring. Tak hanya dihadiri oleh para pemangku kebijakan perguruan tinggi swasta di wilayah Jawa Tengah, acara ini juga kehadiran oleh perwakilan dari perguruan tinggi negeri. Hadir juga dalam acara ini Ketua serta Jajaran Majelis Akreditasi dan Dewan Eksekutif BAN-PT.

Dalam sambutan pembukaannya, Bhimo Widyo Andoko menyampaikan apresiasinya kepada Majelis Akreditasi yang dalam kepadatan dan kesibukan kegiatannya telah berkenan hadir ke LLDIKTI Wilayah VI untuk menyampaikan berbagai kebijakan terkait Akreditasi. Kepala LLDIKTI Wilayah VI itu juga mengajak perguruan tinggi di lingkungan Jawa Tengah untuk terus berfokus pada mutu pendidikan tinggi melalui akreditasi “Akreditasi adalah Kewajiban kita, Akreditasi adalah bentuk tanggung jawab kita kepada masyarakat” ungkapnya.

Senada dengan Bhimo, Prof. Dr. rer. nat Imam Buchori, S.T yang merupakan Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa perguruan tinggi tidak perlu bingung dengan terbitnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang merupakan penggabungan dari tiga peraturan sebelumnya, sebab BAN-PT yang turut berperan untuk menjalankan peraturan tersebut, saat ini sudah dalam tahap menyusun peraturan-peraturan turuanannya sehingga kedepannya dapat diimplementasikan sejalan dengan Permen baru tersebut.

Dalam paparan materi oleh narasumber Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D., disampaikan kebijakan-kebijakan akreditasi yang sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 diantaranya terkait Instrumen Akreditasi baik yang oleh BAN-PT maupun LAM, Mekanisme Asesmen, Pengaturan Khusus Prodi pada Pendidikan Vokasi, Akreditasi Internasional serta Pembiayaan Akreditasi.

Acara Sosialisasi Akreditasi BAN PT ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang interaktif. Para peserta berkesempatan untuk berinteraksi langsung dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka tentang akreditasi. Dalam sesi tanya jawab yang dipandu oleh Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si, beberapa peserta dari perguruan tinggi tampak menyampaikan kendala akreditasinya terutama terkait dengan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA), menanggapi hal ini Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc. selaku Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT menyampaikan bahwa proses PEPA adalah untuk Prodi yang sudah establish yang memiliki data yang sudah sesuai. Rasio keberhasilan perguruan tinggi memalui PEPA adalah 83%. Oleh sebab itu perguruan tinggi harus memastikan datanya di PD DIKTI sudah sinkron dan sesuai untuk bisa lolos PEPA.

Dengan suksesnya acara ini, LLDIKTI Wilayah VI telah memperkuat komitmen mereka untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayah Jawa Tengah seiring dengan dorongan positif dari Ketua Majelis Akreditasi BAN PT. Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan tinggi. (Humas/LL6)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram