Previous slide
Next slide

Pemilihan Academic Leader Tingkat LLDIKTI Wilayah VI Berlangsung Sukses

Pemilihan Academic Leader Tingkat LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2023 (Foto: SDPT/LL6)

Semarang – Sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sejak tahun 2020, yakni salah satunya mengamanatkan dosen di perguruan tinggi untuk menjadi pemimpin keilmuan yang visioner, mampu menginspirasi dosen muda dan mahasiswa, unggul dalam karya inovatif yang bermakna nyara baik secara akademik maupun kebermaknaan bagi pembangunan masyarakat dan bangsa, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.

Tahun ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kembali menggelar program Anugerah Academic Leader Tahun 2023. Hal ini sebagaimana yang diumumkan melalui surat edaran nomor 3388/E4/DT.04.03/2023 tanggal 26 Juli 2023 tentang Penawaran Program Anugerah Academic Leaders (AL) Tahun 2023. Dalam ajang Anugerah Academic Leader tahun 2023, ditetapkan dua kategori penghargaan. Kategori pertama ini ditujukan untuk para dosen yang sudah memenuhi persyaratan program AL tahun 2023. Masing-masing kemudian terbagi lagi menjadi beberapa kategori berdasarkan bidang keilmuan para peserta program. Kategori yang kedua ditujukan untuk para pimpinan (Rektor) di perguruan tinggi Indonesia yang juga memenuhi persyaratan dalam program anugerah ini.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pemberian anugerah Academic Leader, diantaranya adalah untuk memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu dalam mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), serta membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi outreach dari riset Iptek dan penciptaan nilai tambah komersial dengan berbagai pihak.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI telah berhasil melaksanakan seleksi untuk menentukan calon Academic Leader di tingkat nasional. Dalam kegiatan ini, LLDIKTI Wilayah VI bertugas menyeleksi Dosen dari berbagai bidang, termasuk Sains, Teknologi, Kependidikan, dan Humaniora. Dilaksanakan di Semarang pada tanggal 19 hingga 20 September 2023, sejumlah 14 pendaftar yang lolos seleksi diundang untuk berdiskusi dan memaparkan keunggulan mereka sebagai calon peserta Academic Leader tingkat Nasional mewakili LLDIKTI Wilayah VI. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Eko Priyo Purnomo, Prof. Ferdy Semuel Rondonuwu, dan Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, yang merupakan pakar di berbagai bidang.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko S.H., M.H., dalam sambutan yang disampaikan secara daring, menyatakan dukungan dan apresiasi atas partisipasi para pendaftar. “Ajang ini merupakan momen yang sangat baik untuk para dosen menunjukkan hasil kinerja, dedikasi dan komitmen dalam tugasnya sebagai pendidik. Untuk itu saya sampaikan terima kasih, selamat berjuang dan semoga hasil yang terbaik bagi semua peserta.” ungkap Kepala.

Sebanyak 31 pendaftar berpartisipasi dalam seleksi ini, yang kemudian menjalani tahap seleksi awal. Hasilnya, 14 dosen berhasil lolos seleksi awal. Para peserta yang tidak lolos, sebagian besar belum menduduki Jabatan fungsional Lektor kepala dan atau belum memiliki ijazah S3.

Hasilnya, berikut adalah peringkat pertama untuk masing-masing bidang:

  • Bidang Humaniora: Dr. Heny Hartono, SS, M.Pd dari Universitas Katolik Soegijapranata dengan nilai 58,15.
  • Bidang Sains: Prof. Kun Harismah, Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan nilai 51,43.
  • Bidang Teknologi: Prof. Dr. Ir. Muji Setiyo, S.T., M.T dari Universitas Muhammadiyah Magelang dengan nilai 81,28.
  • Bidang Kependidikan: Dr. Achmad Buchori, S.Pd., M.Pd. dari Universitas PGRI Semarang dengan nilai 60,30.

Setelah melalui proses pleno, pemenang diumumkan secara langsung pada hari kedua seleksi dengan disaksikan oleh semua peserta. Para peringkat pertama dari masing-masing bidang tersebut telah mendaftar ke tingkat nasional, membawa harapan dan keunggulan akademik dari LLDIKTI Wilayah VI ke tingkat yang lebih tinggi. Selamat dan sukses! Semoga para dosen terpilih dapat mewakili LLDIKTI Wilayah VI dalam kompetisi nasional mendatang dengan hasil gemilang. (Humas LL6 & SDPT)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram