Previous slide
Next slide

Tambah Wawasan Pengambilan Gambar Audio Visual, UMK Gelar Pelatihan Video Jurnalistik bersama IJTI Muria Raya

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) terus bergerak menguatkan pemahaman mahasiswa hingga tenaga kependidikan (tendik), khususnya dalam bidang pengambilan gambar berupa audio visual. Hal ini guna menambah wawasan mahasiswa maupun tendik dalam membuat konten media sosial untuk membranding Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Prodi, hingga Universitas itu sendiri.

Dalam pelatihan tersebut, UMK menghadirkan narasumber praktisi yang berpengalaman dalam bidang pengambilan gambar audio visual, yakni jurnalis televisi nasional yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Muria Raya. Mereka adalah Henri Agusta dari NET TV, Galuh Manunggal dari TV One, serta Subur dari Simpang 5 TV.

Pelatihan itu sendiri berlangsung khidmat dengan diikuti oleh hampir seluruh perwakilan UKM yang ada di UMK, serta perwakilan masing-masing prodi (khususnya pengelola sosial media). Pelatihan video jurnalistik tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 4 Gedung Rektorat UMK, Selasa (26/09/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. yang diwakili Ketua Linfokom (Lembaga Informasi, Komunikasi, dan Kerjasama) Syafiul muzid, S.T., M.Cs. berharap, para peserta nantinya dapat membuat konten dengan maksimal dan mencantumkan umk.ac.id sebagai domain utama website UMK.

“Dengan begitu, diharapkan juga akan mampu mendongkrak peringkat webometric website UMK. Pasalnya dalam penilainnya, terdapat indikator berupa visibility rank, yang mana hal itu erat kaitannya dengan banyaknya media sosial maupun konten lain yang tertaut dengan domain utama website umk.ac.id.,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua IJTI Muria Raya, Iwhan Miftahuddin yang merupakan jurnalis senior Kompas TV menyampaikan, dewasa ini sudah banyak contoh bagaimana membuat konten yang dapat menarik minat banyak khalayak untuk menontonnya. Namun demikian, masih terdapat bebetrapa hal yang mesti dibenahi.

“Terlebih, memang sudah menjadi ranah kita sebagai jurnalis tv dalam menyajikan berita yang faktual dan aktual, hal ituulah yang akan kita sharingkan bersama dengan para peserta,” jelasnya.

(Humas-UMK)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram