Previous slide
Next slide

Mahasiswa Baru UTP, Ikuti Pembinaan Karakter Dan Bela Negara Bersama TNI AU

Kamis (14/09) mahasiswa baru Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP) mengikuti kegiatan pembinaan karakter dan bela negara di Lanud Adi Sumarmo lapangan Dirgantara. Sebelum melakukan kegiatan diadakan upacara terlebih dahulu. Selaku inspektur upacara adalah Ps. Kasiopsdik Wingdik 400/Matukjur Mayor Lek Didik Hendriyanto yang mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, S.H., M.Han.

Dalam sambutan Danlanud Adi Soemarmo yang dibacakan inspektur upacara mengatakan bahwa bela negara adalah kesadaran dan tindakan warga negara yang diterapkan karena cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk memastikan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Untuk itu, diselenggarakan kegiatan pembinaan karakter dan bela negara agar dapat membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat kesadaran bela negara. Selain itu juga bertujuan melatih integritas, kejujuran, semangat motivasi nasionalisme dan kebangsaan serta membentuk kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab”, ungkap Danlanud.

Hadir dalam upacara tersebut para pejabat Lanud Adi Soemarmo terkait, Wakil Rektor 1 UTP Surakarta, Dr. Suswati M.S., Wakil Rektor 2 UTP Surakarta, Dr. Teguh Santoso, M.Pd., Wakil Rektor 3 UTP Surakarta, Dr. Nuruddin Priya, M.Or., para staff UTP dan para pelatih dari Lanud Adi Soemarmo.

Selain itu, ditemui di tempat terpisah, Kapten Lek Nurrohman salah satu perwakilan dari TNI AU mengutarakan rasa terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh UTP Surakarta yang mempercayakan anak didiknya atau mahasiswa baru dalam kegiatan pembelaan karakter, bela negara dan wawasan kebangsaan kepada TNI AU.  

“Kami senang bisa melatih adik-adik ini karena tujuan kami adalah adik-adik ini harus memiliki karakter dan jiwa bela negara yang kuat. Mereka juga harus bangga terhadap almamaternya yaitu UTP Surakarta”, ungkapnya.

Kapten Lek Nurrohman menjelaskan juga materi apa saja yang diberikan oleh tim TNI AU selama 2 hari kegiatan, antara lain wawasan kebangsaan, pengenalan, penyalahgunaan narkoba dan akibatnya, psikologi lapangan. Dilanjut dengan hari kedua ada pelatihan halang rintang, turun tebing dan PBB. tujuannya memupuk rasa kebersamaan, keberanian, jiwa disiplin, jiwa korsa dan kekompakan.

“Mahasiswa terlihat enjoy dalam setiap kegiatan, lalu hal-hal yang sudah masuk jiwa mereka adalah doktrin – doktrin wawasan kebangsaan dan bela negara karena sebagai bangsa Indonesia jangan sampai salah pergaulan dan pertemanan. Kita harus support hal-hal positif harus kita dorong untuk menuju kesuksesan untuk bisa membanggakan orangtua, almamater dan bangsa”, imbuhnya.

Salah satu mahasiswa baru UTP prodi Pendidikan Jasmani yang bernama Ilyas hanif Surya Putra mengungkapkan rasa senangnya dalam mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB terkhususkan di Lanud Adi Soemarmo. Ilyas mengatakan bahwa 2 hari ini dirinya belajar banyak khusunya dalam pembentukan karakter sebagai mahasiswa, bela nega dan wawasan kenegaraan. Dirinya juga menyebut bahwa apa yang diberikan oleh tim dan anggota TNI AU sangat luar biasa.

“Saya senang dan bangga menjalani kegiatan 2 hari ini. Gamesnya yang diberikan oleh tim TNI AU seru-seru dan menyenangkan, kami diajari untuk disipilin, kompak dan tentunya rasa mencintai dan kebanggaan terhadap almamater kami, UTP Surakarta”, tutur Ilyas.

Kegiatan pembinaan karakter dan bela negara ini diikuti 466 mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan dan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14 sampai dengan 15 September 2023. Semoga dengan adanya kegiatan pembekalan karakter, bela negara dan wawasan kebangsaan ini dapat memperkuat jiwa tri ciri UTP, yaitu patriotisme, kepeloporan dan kemandirian.

(Humas – UTP)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram