Previous slide
Next slide

IMM FK UMS Sukses Gelar Penyambutan Mahasiswa Baru 2023

PABELAN – Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Ar-Razi di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah sukses menyelenggarakan Masa Ta’aruf (MASTA) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Tahun 2023.

Ketua Umum, Alvien Darmawan mengungkapkan kegiatan MASTA ini merupakan rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2023.

“Masa Ta’aruf tahun ini mengusung tema: Mewujudkan pribadi yang religius, memiliki intelegensi, dan siap berkolaborasi,” ungkapnya, Senin, (5/9).

Masta IMM ini, lanjut dia, memiliki tujuan untuk mengenalkan Muhammadiyah dan organisasi otonom yang dimilikinya, salah satunya adalah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) kepada mahasiswa baru kedokteran tahun 2023.

“Harapan dari kegiatan ini yakni dapat membentuk mahasiswa yang unggul, berakhlakul Karimah dan menjadi pribadi yang senantiasa bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Ketua Umum IMM itu.

Pada hari pertama, mahasiswa baru diberikan materi mengenai Muhammadiyah and Enlightment Movement oleh Instruktur Madya IMM Jawa Tengah Fika Annisa’ Sholihah, S.Ars., yang memaparkan terkait perjalanan Muhammadiyah dari awal berdiri hingga tetap eksis sampai sekarang.

“Melihat bagaimana proses perjuangan Muhammadiyah dalam menyerbarluaskan agama Islam, terutama dalam berdakwah. Kemudian melihat perbedaan karakteristik dakwah pada zaman dulu dan sekarang. Dengan demikian, kita sebagai mahasiswa dapat mengambil peran sebagai intelektual muslim dalam melanjutkan Dakwah Berkemajuan Muhammadiyah,” paparnya.

Kembali mengutip pesan dari KH Ahmad Dahlan, tambah dia, ‘Jadilah kamu Dokter, Insinyur atau apapun dan kembalilah ke Muhammadiyah’.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IMM 2018- 2020, Najih Prasetyo S.H., M.H., menyampaikan materi dengan tema IMM Gerakan Sosial Baru.

“Ke depan, tantangan kita khususnya untuk mahasiswa kedokteran itu bukan teman bangku kuliah kita, tetapi perkembangan teknologi yang masif. Sekarang sudah berkembang berbagai platform aplikasi di bidang pelayanan kedokteran dan kesehatan,” ungkap Najih.

Oleh karena itu, tambahnya, sebagai seorang mahasiswa kedokteran jangan hanya terpaku di bangku kuliah saja, tetapi mahasiswa juga harus adaptif dalam menyikapi dinamika yang ada.

“Bergabunglah di organisasi, karena nanti akan memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan relasi dan softskill yang tidak di dapatkan di bangku kuliah,” pungkasnya

Mahasiswa baru mengikuti kegiatan Masta IMM ini selama dua hari, 24-25 Agustus 2023. Pengenalan IMM Ar Razi Fakultas Kedokteran UMS yang dikemas dalam acara IMM ZONE menjadi penutup rangkaian Masta IMM FK UMS tahun 2023.

(Sumber : Fika/Humas_UMS)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram