Previous slide
Next slide

LLDIKTI WILAYAH VI SUKSES FASILITASI AKSELERASI MBKM MANDIRI DAN DIALOG MULTIPIHAK TAHUN 2023

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Akselerasi MBKM Mandiri 2023 (Humas/LL6)

Semarang – Rangkaian kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sukses diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dikti (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Mahasiswa (Belmawa) dan Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah VI serta Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang. Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa s/d Kamis (29/08 – 31/08) tersebut diawali kegiatan Bimbingan Teknis Akselerasi MBKM Mandiri yang diselenggarakan di kantor Gedung A Kantor LLDIKTI Wilayah VI, dilanjutkan kegiatan Kampus Merdeka Fair 2023 yang diawali dengan Dialog Multipihak (Multi Stakeholder Dialogue – MSD) bertempat di kampus UDINUS Semarang.

Bimbingan Teknis Akselerasi MBKM Mandiri dilaksanakan satu hari pada Selasa (29/08), dihadiri oleh perwakilan 50 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) secara luring dan lebih dari 80 PTS yang bergabung secara daring. Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko menyampaikan kembali makna MBKM yang bertujuan untuk memberikan otonomi bagi perguruan tinggi sehingga lebih fleksible dalam memberikan kebebasan bagi mahasiswa serta dapat mempersiapkan mahasiswa untuk lebih siap menghadapi dunia kerja. “LLDIKTI VI secara aktif berkomitmen untuk mendorong dan mendukung PTS di wilayah Jawa Tengah agar secara sistematis mampu menyelenggarakan MBKM Mandiri.” imbuh Bhimo. Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Belmawa, yang diwakili oleh Koordinator Pembelajaran Direktorat Belmawa, Dewi Wulandari. Dalam sambutannya Dewi menyampaikan kembali arahan Direktur Belmawa bahwan untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang relevan dengan konteks dan zamannya, diperlukan keterlibatan para pihak di luar perguruan tinggi dalam program MBKM, terutama MBKM Mandiri. “Untuk itu kegiatan Bimtek ini penting sebagai panduan bagi PTS untuk bersiap menyelenggarakan MBKM Mandiri.” pungkasnya.

Dalam kegiatan Bimtek ini, 4 narasumber dihadirkan dalam sesi paparan dan diskusi secara panel terbagi atas 2 sesi. Pada sesi pertama, 2 narasumber Tim Kurikulum Pembelajaran Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si dan Dr. Pujiono, S.Si., M.Kom menyampaikan paparan terkait Rasional dan Tahapan Penyusunan KPT, serta Strategi Implementasi Pengakuan Kredit. Pada sesi selanjutnya, Kepala Kampus Merdeka Mandiri, Dessy Aliandrina, M.Sc., Ph.D menyampaikan tentang Keberlanjutan Program MBKM Tahun 2023, dilanjutkan Subkoordinator Data PT Ditjen Dikti, Franova Herdiyanto, M.Kom yang memaparkan Teknis Pelaporan MBKM Mandiri pada PDDIKTI.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________

Dialog Multipihak (Multi Stakeholder Dialogue – MSD) 2023

Pada Rabu (30/08), bertempat di kampus UDINUS Semarang diselenggarakan Dialog Multipihak (Multi Stakeholder Dialogue – MSD) yang dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dan didampingi oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., bersama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, M.M., Tim Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, dan Tim Direktorat Belmawa Kemendikbud Ristek. MSD di Semarang sendiri adalah yang pertama dari sembilan MSD yang akan diselenggarakan di sembilan LLDikti di seluruh Indonesia. Dialog ini diikuti oleh sekitar 50 peserta dari kalangan perguruan tinggi, mitra, dan calon mitra MBKM Mandiri di wilayah LLDikti VI. Mitra yang akan hadir antara lain Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Southeast Ministers of Education Organization (Seameo), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), PT Telkom, dan Orbit Future Academy.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI memberikan apresiasi tinggi kepada Udinus yang telah memberikan dukungan fasilitasi kegiatan ini. KM Fair ditujukan untuk mendekatkan industri dengan PT, khususnya pada kesempatan ini di lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. Diharapkan kolaborasi tersebut bisa saling memberikan sinergi, membuat inovasi terbaru yang memberi manfaat untuk masyarakat. “Kegiatan ini adalah salah satu upaya LLDIKTI Wilayah VI untuk memaksimalkan pelaksanaan program MBKM dengan memperkuat jejaring kerja sama, baik antarperguruan tinggi maupun antara perguruan tinggi dengan dunia kerja pada umumnya, termasuk dunia industri, di Jawa Tengah,”.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., menyambut peserta KM Fair dengan menampilkan berbagai inovasi milik dosen dan mahasiswa Udinus. Antara lain Robot Sekar Gamelan Nuswantoro, Becak Listrik Kampus Udinus (Becik-KU), dan animasi Si Warik, dan juga Robot Catur Kampus Udinus (Roca-KU). Menurutnya, pendekatan industri kepada mahasiswa sangatlah penting. “Melalui inovasi ini kami membuat industri itu sendiri, sehingga memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk nantinya terjun ke dunia profesional. Jadi setelah mereka lulus, ilmu yang didapatkan bisa diterapkan untuk memberi manfaat di masyarakat,” ujarnya.

Kepala Bidang Kampus Merdeka Mandiri, Dessy Aliandrina Ph.D., menjelaskan bahwa kegiatan di hari pertama merupakan akselerasi kegiatan MBKM yang akan dilaksanakan di semua 16 Wilayah LLDIKTI. Sedangkan untuk sesi MSD menjadi kegiatan khusus yang dijalankan di 9 wilayah LLDIKTI, dan Udinus menjadi wilayah perdana. MSD ditujukan untuk mempertemukan PT dan Mitra, untuk menghasilkan kesamaan misi dan visi dalam menjawab tantangan program MBKM. “Terdapat 4 sesi dalam kegiatan MSD ini, dimulai dari membuka wawasan peserta, melihat potensi masing-masing dalam menyelesaikan tantangan, dan harapannya bisa menyelesaikan pilot projek kolaborasi PT dan Mitra,” tutupnya.

Sesi MSD berlangsung dengan antusias dari para peserta perwakilan PT dan Mitra. Dibentuk menjadi beberapa kelompok dalam satu roundtable, tiap kelompok diberi beberapa tugas untuk diselesaikan bersama-sama. Kemudian ditutup dengan presentasi dan penandatangan komitmen Pilot Project di wilayah LLDIKTI.

Sumber:

  • Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  • Humas Ditjen Diktiristek
  • Humas LLDIKTI Wilayah VI
  • Humas Universitas Dian Nuswantoro

Tautan berita terkait lainnya:

https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2023/08/26/kemdikbud-ristek-segera-gelar-dialog-multipihak-untuk-akselerasi-mbkm-mandiri-di-semarang/

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/akselerasi-mbkm-mandiri-kemendikbudristek-gelar-dialog-multipihak-dan-kampus-merdeka-fair-di-semarang/

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/09/mendikbudristek-buka-kampus-merdeka-fair-2023-dorong-perguruan-tinggi-kembangkan-mbkm-mandiri

https://dinus.ac.id/2023/08/multi-stakeholder-dialogue-awali-kegiatan-kmm-2023-di-udinus/

https://dinus.ac.id/2023/08/ditunjuk-sebagai-tuan-rumah-km-fair-2023-udinus-berhasil-gelar-secara-meriah/

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram